hut

Satu CJH Asal Bogor Meninggal di Makkah

Editor: Mahadeva

BEKASI – Calon Jemaah Haji (CJH) atas nama, Ahmad Suparman Jubed (53), asal Kampung Babakan Raden, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  dilaporkan meninggal dunia, saat dalam perjalanan menuju makkah Arab Saudi.

Sebelum meninggal, Ahmad Suparman, sempat di rawat di Rumah Sakit Arab Saudi pada Rabu (17/7/2019). Kabar duka tersebut langsung disampaikan oleh Kepala Bidang Dokumen PPIH Embarkasi Jakarta Bekasi, Gatot Fajar Arifianto.

Ajam Mustajam, Kabid PHU Kemenag Jabar, atau Sekretaris PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi – Foto M Amin

Data Siskohat menyebut, CJH Ahmad Suparman, meninggal karena circulatory diseasers. “Selanjutnya jenazah dan akan dimakamkan di Baqi,” Ajam Mustajam, Kabid PHU Kemenag Jabar yang juga Sekretaris PPIH Embarkasi Jakarta-Bekasi, Untuk proses selanjutnya PPIH di Arab Saudi, mengeluarkan sertifikat kematian dan berkas administrasi lainnya. CJH yang meninggal di Makkah, akan mendapatkan asuransi yang langsung ditransfer ke rekening jamaah haji, dan bisa diproses oleh ahli waris.

Menurutnya informasi yang dihimpun dari Kepala Sub Seksi Tanazul dan Evakuasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah, penyebab meninggalnya Suparman, dipicu kurangnya kalium (hipokalemia) di dalam sel. Hal tersebut mempengaruhi dan mengganggu kerja jantung. “Hal ini mengakibatkan tubuh jadi lemah, metabolisme tubuh terganggu,” jelasnya.

Kondisi tersebut diperparah dengan sepsis atau infeksi yang terjadi menyeluruh di aliran darah. Untuk itu, imbuhnya petugas kesehatan di Embarkasi Jakarta-Bekasi selalu mengingatkan kepada CJH untuk selalu menjaga kesehatan.

Sampai saat ini, Embarkasi Jakarta-Bekasi, di Jalan Kemakmuran, Kota Bekasi, sudah memberangkatkan 40 Kelompok Terbang (Kloter) CJH menuju Madinah. “Saat ini pun Kloter awal susah melakukan perjalanan menuju Makkah,” pungkasnya.

Lihat juga...