hut

Sejumlah Gedung Rusak Akibat Gempa di Bali

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BADUNG – Gempa kuat yang mengguncang Bali Selasa (16/7/2019) pagi membuat panik masyarakat. Tak hanya itu, gempa yang berkekuatan skala 6 SR, mengakibatkan sejumlah bangunan dilaporkan rusak.

Laporan dari BPBD Kabupaten Badung, hingga pukul 09.15 Wita, sejumlah gedung yang rusak di antaranya adalah SD Negeri 1 Ungasan, Kantor Camat Kuta, SD 11 Jimbaran, Gapura ITDC, Hotel Mercure Nusa Dua, Alfamart di Jln.Bali Cliff No.48 Ungasan, Kuta Selatan.

Meski begitu, tidak disebutkan secara rinci jenis-jenis kerusakannya. Pasalnya pihak BPBD baru fokus di lokasi mana saja yang rusak. Kemudian data-data jenis kerusakan akan diinfokan berikutnya .

“Ini adalah laporan sementara yang kita tampung dari masyarakat maupun tokoh masyarakat. Untuk data lengkap, TRC kami akan turun untuk mengkaji. Kami baru fokus pada lokasi di mananya saja. Sekarang tim kami sedang meluncur untuk mendata kerusakannya apa saja,” kata Ni Nyoman Ermy Setiari, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung, saat dihubungi via handphone, Selasa (16/7/2019).

Terkait kerusakan di BTDC, dibenarkan oleh Gede Wirya staf Pemeliharaan BTDC. Ia mendapat laporan sekitar pukul 8.25 WITA bahwa telah terjadi kerusakan di gapura utama BTDC. Atas laporan tersebut lantas ia langsung terjun ke lokasi dan didapati reruntuhan gapura sudah berserakan di bawah.

Gede Wirya staf Pemeliharaan BTDC.-Foto: Sultan Anshori.

“Ini kami perkirakan kerusakan sekitar 10 persen, Mas. Tepatnya di pucuk gapura sisi utara. Dan untuk sementara sudah kami lakukan proses pembersihan segera. Akses keluar BTDC melalui pintu utama sementara kami tutup demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan,” jelas Gede Wirya.

Selain di pintu utama BTDC, ia juga mendapat informasi susulan sementara bahwa juga terdapat kerusakan di beberapa lokasi BTDC. Tepatnya di pintu selatan dimana pucuk gapura mengalami pergeseran. Dan patung di salah satu hotel di kawasan BTDC juga ada yang roboh.

“Untuk sementara itu informasi yang kami peroleh, Mas,” tandasnya.

Hingga saat ini petugas BPBD Bali dan instansi terkait masih mendata dampak kerusakan akibat gempa tersebut. Dan hingga berita ini ditulis belum ada laporan korban jiwa.

Lihat juga...