hut

Sergap Dua Pecandu, BNNK Banyumas Amankan 0,43 Gram Sabu

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Banyumas mengamankan dua orang pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu dengan barang bukti 0,43 gram.

Aksi penangkapan dilakukan di wilayah Kecamatan Sokaraja. Dua tersangka yang diamankan BAP dan SC. Keduanya tercatat merupakan warga Desa Pajerukan, Kecamatan Kalibagor. Kedua pelaku berusaha melarikan diri saat hendak ditangkap, dan petugas harus menembak kaki salah satu pelaku untuk menangkapnya.

“Tim penyidik melakukan pengintaian, dan pada Jumat (19/7/2019) petang, ada dua orang dengan gerak-gerik mencurigakan mengambil bungkusan, keduanya naik sepeda motor,” jelas Kepala BNNK Banyumas, Agus Untoro, Senin (22/7/2019).

Menurut Agus, saat petugas berusaha menghentikan kedua pelaku, mereka memilih melarikan diri. Pengejaran berlangsung cukup jauh. Keduanya bisa diamankan di Desa Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja, yang berjarak kurang lebih lima kilometer dari lokasi penyergapan. “Keduanya mencoba melarikan diri dan setelah ditangkap, salah satu pelaku yaitu BAP melawan petugas, sehingga harus dilumpuhkan dengan satu tembakan di kaki,” terangnya.

Dari tangan keduanya, petugas menyita satu bungkus rokok berisikan narkotika jenis sabu seberat 0,43 gram. Sabu tersebut rencanakan akan digunakan bersama dengan beberapa teman lain. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-Undang No.35/2009, pasal 126, 127 dan 132 dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara, dan maksimal hukuman mati.

Saat ini keduanya tercatat menjadi pemakai atau pencadu sabu-sabu. Sementara selaku pemasok masih dalam proses penyelidikan BNNK Banyumas.  “Untuk sementara keduanya menjadi tahanan BNNK dan kami titipkan di rutan sampai dengan proses kasus selesai, karena kami belum memiliki fasilitas rutan sendiri. Setelah pemberkasan kasus selesai, selanjutnya akan diserahkan ke pihak kejaksaan,” pungkasnya.

Lihat juga...