hut

SKIPM Palembang Beri Siswa Pemahaman Mutu Perikanan

Editor: Koko Triarko

PALEMBANG – Memperingati Hari Bulan Bakti, Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan  (SKIPM) Palembang, memberikan wawasan sadar mutu ikan kepada siswa SMA N 3 Palembang, Kamis (18/7).

Sugeng Prayono, Kepala SKIPM Palembang, menjelaskan kegiatan go to school untuk memberikan infomasi kepada siswa, agar sadar mutu perikanan dan fungsi karantina ikan.

“Ini bagian dari hari bulan bakti kami. Sosialisasi kepada pelajar sangat diperlukan, agar generasi muda paham terhadap mutu dan kemanan perikanan,” katanya, kamis (18/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya tak hanya memberikan teori semata, namun juga menunjukkan cara pengecekan kesehatan ikan.

Kepala SKIPM Palembang, Sugeng Prayogo  –Foto: M Chandra

Dirinya berharap, dengan sosialisasi ini, kesadaran untuk menjaga mutu ikan makin meningkat. Pasalnya, potensi ekspor ikan lokal di Sumsel cukup besar. Hanya saja pengelolaannya kurang baik.

“Rata-rata per bulan ekspor perikanan mencapai 35 kali pengiriman, dengan nilai uang sejak Januari hingga Juni mencapai Rp64 miliar,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga makin mempermudah urusan perizinan dan sertifikasi bagi peternak maupun eskportir yang ingin mengirimkan ikan keluar negeri.

“Selain sosialisasi, kami juga mendorong percepatan izin dan sertifikasi bagi mereka yang berkepentingan, selama telah memenuhi syarat dan standar dari kami,” pungkasnya.

Lihat juga...