hut

Tahun Ini Sapi Madura dan Bali Banyak Diminati

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Menjelang hari raya Kurban atau Iduladha, sejumlah pasar hewan di Yogyakarta mulai ramai dibanjiri para pedagang yang menawarkan hewan ternaknya. Mereka datang dari berbagai daerah dengan membawa berbagai jenis hewan sapi untuk dijual. 

Dari sekian banyak jenis sapi yang dijual, salah satu yang paling diminati adalah sapi jenis Madura dan Bali. Meski bertubuh lebih kecil dibandingkan sapi jenis limosin atau metal, namun sapi jenis Madura dikenal memiliki jumlah daging karkas yang lebih besar, sehingga banyak dipilih.

Salah seorang pedagang sapi Madura, Sukur, mengakui banyaknya peminat sapi-sapi miliknya pada musim lebaran haji tahun ini. Sejak seminggu terakhir, ia bahkan telah mampu menjual sekitar 160 ekor sapi jenis Madura ke berbagai daerah.

Sukur, pedagang Sapi Madura. –Foto: Jatmika H Kusmargana

“Sampai saat ini, saya sudah jual sekitar 160 ekor sapi. Sapi-sapi ini saya bawa langsung dari Madura. Khusus untuk Jogja, ini saya bawa sekitar 32 ekor sapi,” katanya, saat ditemui di Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Sleman, Rabu (17/7/2019).

Dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan sapi Metal atau Lomosin, yakni berkisar Rp18-19 juta per ekor, tak sedikit konsumen yang membeli sapi Madura untuk dikurbankan saat hari raya Iduladha. Apalagi, daging sapi jenis Madura diklaim lebih empuk dan enak dibandingkan jenis sapi lainnya.

“Untuk harga, setiap musim kurban seperti sekarang ini memang selalu naik. Kenaikan berkisar antara Rp1-2 juta. Namun jenis sapi Madura lebih terjangkau, karena harganya tidak terlalu mahal,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang dokter hewan di Pasar Ambarketawang, Gamping, Sleman, Bina Rusmawati, membenarkan hal tersebut. Meski berukuran lebih kecil, menurutnya sapi jenis Madura dan Bali memiliki bobot karkas lebih banyak dibandingkan sapi jenis limosin atau simetal.

Dokter hewan di Pasar Ambarketawang, Gamping, Sleman, Bina Rusmawati –Foto: Jatmika H Kusmargana

Hal itu dipengaruhi asupan makanan sapi jenis Madura dan Bali yang lebih banyak mengkonsumsi rumput dibanding sapi metal atau limosin yang cenderung mengkonsumsi pakan buatan pabrik.

“Sapi jenis Madura dan Bali berat karkasnya bisa mencapai sekitar 80 persen (dari berat sapi hidup). Sedangkan karkas sapi jenis simetal atau limosin lebih kecil. Hanya sekitar 60 persen,” ungkapnya.

Ciri sapi jenis Madura dan Bali biasanya berukuran cenderung kecil. Dengan wana kulit merah tua kecoklatan, serta tanduk yang menciri, yakni pendek lancip atau runcing menyamping.

Lihat juga...