hut

Tak Aktif, Ratusan Koperasi di NTB Terancam Dibubarkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MATARAM  – Ratusan koperasi yang tersebar di sejumlah kabupaten kota, Provinsi Nusa Tenggara Barat terancam dibubarkan, karena tidak menjalankan kegiatan sebagaimana koperasi lain.

“Ada sekitar 200 koperasi  akan dibubarkan, karena hasil pemantauan di lapangan, hingga pertengahan 2019, tidak ada progres ditunjukkan semua koperasi tersebut,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB, Lalu Saswadi di Mataram, Selasa (16/7/2019).

Meski demikian, proses pembubaran tidak bisa serta merta dilakukan begitu saja oleh Diskop, sebelum mendapatkan arahan dari pusat, sebab keputusan pembubaran merupakan kewenangan langsung dari Kementerian, Diskop NTB hanya tinggal menindaklanjuti.

Daftar koperasi tersebut telah dikirim ke Kementerian Koperasi di Jakarta untuk diproses, Diskop NTB tinggal menunggu surat keputusan, kalau sudah ada keputusan, baru akan bergerak.

“Data Diskop NTB, total Koperasi di NTB sebanyak 4.110. Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Barat menjadi kabupaten terbanyak terdapat koperasi tidak aktif, disusul Kabupaten Lombok Tengah,” katanya.

Selain koperasi tidak aktif, Diskop juga melakukan pendataan terhadap koperasi yang tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), karena banyak koperasi yang menyepelekan kegiatan RAT yang pada akhirnya berdampak terhadap tidak aktifnya anggota.

Sebelumnya, pada 2018 Diskop NTB telah mengusulkan 300 koperasi tidak aktif, sehingga kalau ditotal dengan sekarang jumlahnya mencapai 500 koperasi.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, meminta, supaya keberadaan koperasi diharapkan bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat.

Karena itu koperasi yang ada harus dilakukan pembinaan, agar dalam menjalankan kegiatannya tetap memegang teguh prinsip koperasi, sehingga bisa membantu dan mensejahterakan masyarakat, terutama anggota.

Pembinaan diberikan bisa dilakukan melalui Diklat atau pelatihan, bagaimana mengelola keuangan dan menjalankan usaha koperasi, agar bisa tetap hidup dan maju.

Lihat juga...