hut

Tangerang Buka Bursa Kerja ‘Online’

TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan, menggelar job fair atau bursa kerja tingkat kota di Mal Balai Kota Tangerang, dengan total 8.000 lowongan kerja yang tersedia. Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Rakhmansyah, mengatakan, bursa kerja ini digelar mulai 23-25 Juli 2019. Bursa kerja melibatkan 55 perusahaan dari berbagai bidang.

“Ini upaya kami menekan angka pengangguran, sebelumnya juga sudah dilaksanakan bursa kerja tingkat kecamatan,” ujarnya, Rabu (24/7/2019).

Dikatakannya, bursa kerja ini dilaksanakan secara online. Pencari kerja (Pencaker) dapat mendaftar melalui aplikasi Tangerang LIVE.

“Setelah mengunduh, pencaker mengisi berkas lamaran kemudian mendapatkan barcode,” kata dia.

Barcode yang dimiliki kemudian di-scan ke stan perusahaan yang membuka lowongan kerja. Cara ini makin memudahkan Pencaker dalam memasukkan lamaran ke perusahaan yang dituju.

Pemerintah Kota Tangerang pada Januari – Maret 2019 telah melaksanakan Job Fair di tingkat kecamatan. Hasilnya sangat efektif, sebanyak 561 para pencari kerja diterima di 56 perusahaan.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker, Iing Riskomar, mengatakan, perubahan sistem job fair dengan konsep mendaftar secara online, memudahkan dalam penempatan kerja sesuai kebutuhan perusahaan.

Dari 5.603 lowongan yang tersedia dan 12.837 pelamar, sebanyak 5.852 pencari kerja mengikuti proses interview oleh perusahaan. Hasilnya, 2.243 pencari kerja yang hadir dalam interview, 561 pekerja diterima. (Ant)

Lihat juga...