hut

Tangkapan Ikan Nelayan di Kedonganan-Bali, Melimpah

Editor: Koko Triarko

BADUNG – Sejak dua bulan terakhir, tangkapan ikan para nelayan di Pantai Kedonganan, Badung, Bali, melimpah. Mulai dari ikan layar, cumi-cumi hingga ikan tongkol. 

Hal ini pun membuat para pengepul ikan sumringah. Mereka datang untuk membeli ikan segar dari para nelayan setempat. Terlihat sejak siang hingga sore hari, mereka datang berbondong-bondong ke pasar ikan terbesar di pulau Bali ini. Mereka menggunakan sepeda motor, backup hingga truk.

Made Wid, salah satu pengepul ikan asal Sukawati, Gianyar, mengaku hampir setiap hari membeli ikan di pasar ikan Kedonganan. Ikan-ikan tersebut kemudian dijual kembali di salah satu pasar besar di Kabupaten Gianyar. “Kadang pagi, siang atau sore,” jelas Made Wid, saat ditemui di Pasar Ikan Kedonganan Senin, (14/7/2019).

Made Wid, salah satu pengepul ikan asal Sukawati, Gianyar. -Foto: Sultan Anshori

Menurutnya, ikan yang biasa dicari merupakan jenis ikan konsumsi. Seperti tongkol, layar, cumi dan jenis ikan kecil lainnya. Made Wid mengaku ikan diambil langsung dari nelayan yang baru saja sampai. Alasan utamanya, adalah selain masih segar, juga harga yang didapatkan terbilang cukup murah.

“Makanya, kalau pas lagi musim ikan seperti ini saya ke sini (Pasar Ikan Kedonganan) ini,” imbuhnya.

Jika sedang tidak musim ikan, Made Wid mengaku terpaksa menjual ikan beku. Atau bahkan membeli ikan dari Pulau Jawa. Biasanya, ia ambil dari pasar Kumbasari, Denpasar. Untuk harga jualnya, ia relatif cukup murah. Ia hanya mengambil untung sekitar sepuluh hingga lima belas ribu per kilogramnya. Biasanya, kalau laris, ikan yang ia bawa habis dalam tempo sehari semalam.

“Usaha ini sudah saya jalani puluhan tahun,” akunya.

Terkait melimpahnya hasil tangkapan ikan dibenarkan oleh Asrawi, salah seorang nelayan di Pantai Kedonganan, Badung. Menurutnya, kondisi ini masih akan terus terjadi hingga awal September mendatang. Karena itu, kondisi ini sangat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para nelayan.

“Kebetulan cuacanya cukup bagus. Jadi. kami mudah cari ikannya,” kata Asrawi.

Masih kata Asrawi, lokasi tangkapan ikan ini cukup dekat dengan pantai Kedonganan. Yaitu di sekitar laut Uluwatu, Kuta dan paling jauh hingga ke tanah Lot Tabanan.

Lihat juga...