Terminal Eksekutif Bakauheni, Wahana Liburan Edukatif

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Keberadaan terminal eksekutif Bakauheni, Lampung Selatan, menjadi rujukan wisata baru di daerah tersebut.

Indra, salah satu orangtua yang mengajak putera dan puterinya berwisata di dermaga eksekutif menyebut, bisa menikmati pemandangan Menara Siger di sisi Barat dan laut dan kapal-kapal yang hilir mudik di terminal eksekutif. Pemandangan tersebut menjadi sajian unik yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Bagi orangtua,mengunjungi terminal eksekutif yang diberi nama Anjungan Agung, menjadi cara mengedukasi anak. Konsep pelabuhan yang terintegrasi dengan pusat wisata, bisnis, transportasi dan hiburan yang menyatu, membuat anak anak sangat suka saat diajak ke dermaga eksekutif untuk berwisata.

Fasilitas yang bisa menjadi sarana edukasi diantaranya, memperkenalkan sistem tiket nontunai, pemakaian boarding pass, dan garbarata layaknya masuk ke kabin pesawat. “Saya sangat mengapresiasi keberadaan terminal Anjungan Agung sesuai nama rumah adat Lampung, jadi lokasi yang nyaman bagi calon penumpang kapal, namun juga nyaman untuk berwisata lengkap dengan wahana permainan bagi anak anak,” ungkap Indra kepada Cendana News, Minggu (7/7/2019) petang.

Fasilitas di terminal eksekutif sangat memadai, ada wahana permainan Happy Kiddy yang dilengkapi permainan mandi bola, mobil mini, serta berbagai wahana permainan edukatif. Sejumlah sajian kuliner tradisional berupa seblak, mie raja dan kuliner lain juga bisa ditemui dengan mudah.

Permainan edukatif di wahana adalah bermain pasir, melukis, puzzle. “Sudah cukup representatif untuk wisata keluarga karena hemat waktu dan bisa memperkenalkan tranportasi laut yang lebih modern,” ungkap Indra.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferrry cabang Bakauheni, Hasan Lessy (paling kanan) – Foto Henk Widi

Hasan Lessy, General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni menyebut, dermaga eksekutif menjadi bagian dari pelabuhan Bakauheni untuk pelayanan transportasi laut. Meski demikian, pengembangannya juga diarahkan sebagai pusat bisnis, wisata, dan transportasi. “Penyediaan fasilitas yang nyaman diperuntukkan bagi penumpang dan masyarakat umum juga bagi wisata,” papar Hasan Lessy.

Sesuai dengan pengembangan rencana Kementerian Pariwisata dan ASDP, sejumlah kapal akan digunakan untuk sarana pariwisata di Selat Sunda. Destinasi wisata yang bisa dinikmati diantaranya, Tanjung Lesung di Banten dan Kepulauan Krakatau di Selat Sunda.

Darmansyah, Site Manager Indonesia Ferry Property, selaku pengelola dermaga eksekutif Merak-Bakauheni menyebut, akan terus melakukan penyempurnaan. Saat ini hingga Juli 2019 sejak dioperasikan secara resmi pada Desember 2018, sejumlah fasilitas mulai bisa digunakan.

Sebagai tempat transportasi laut yang terintegrasi dengan pusat bisnis, terminal eksekutif bisa mendukung sektor pariwisata. “Di lantai empat, rencananya masih akan bisa dimanfaatkan untuk hotel yang bisa digunakan untuk wisatawan yang berkunjung ke Lampung,” ujar Darmansyah.

Terminal eksekutif, selain sebagai dermaga juga bisa dikunjungi masyarakat umum. Sejak dilengkapi dengan wahana permainan, banyak masyarakat mengajak anggota keluarga untuk menikmati libur akhir pekan di dermaga eksekutif.

Lihat juga...