hut

Tiga Calon Haji dari Sumut Wafat di Tanah Suci

MEDAN — Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji PPIH Embarkasi Medan, H. Farhan Indra mengatakan jumlah calon haji dari Provinsi Sumatera Utara yang wafat di tanah suci Makkah hingga kini tercatat tiga orang karena mengalami sakit dan telah dimakamkan.

“Ketiga calon haji itu, yakni atas nama Jamaluddin Bandarik Abdullah Bandari (71) kelompok terbang (Kloter) 02 manifes 172 asal Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara,” kata Farhan, usai pemberangkatan 393 Jamaah Haji Kloter 16, di Asrama Haji Medan, Minggu (28/7/2019).

Jamaluddin Bandarik, menurut dia, beralamat Dusun I Pardamaian Binjai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumut.

“Wafat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Jumat (26/7) sekira pukul 21.52 waktu setempat dan telah dimakamkan di Sharayya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, calon haji tersebut wafat karena mengalami infectious and parasitic diseases.

Kemudian, calon haji asal Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Rahamat Noyan Nasution bin Noyan Nasution (64) meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi.

Calon haji itu tergabung dalam Kelompok Terbang 06 Embarkasi Medan dengan nomor manifes 151, nomor porsi 200118948, asal Desa Bonan Dolok, Kecamatan Sosa, Kabupatn Padang Lawas. Calon haji tersebut meninggal di Madinah, Kamis (25/7) sekitar pukul 04.00 waktu setempat, karena sesak napas.

“Jamaah haji tersebut disalatkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di pemakaman Baqi,” katanya.

Sebelumnya, seorang calon haji asal Kabupaten Mandaling Natal atas nama Muhammad Rum Batubara bin Rasim Batubara (65) yang tergabung pada Kloter 05 Embarkasi Medan, meninggal di Hotel As-Sholihiah Adzahabi Madinah, Minggu (21/7) sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Muhammad Rum Batubara dengan nomor manifes 201 dan nomor paspor C314665, asal Desa Lumban Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, meninggal karena sakit jantung dan telah dimakamkan di pemakaman Baqi pada Senin (22/7).

Sebanyak 393 jamaah haji Kloter 16 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara berangkat ke Makkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu, 18.30 WIB.

Dari jumlah 393 jamaah calon haji itu, sebanyak 380 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 3 orang dari Kabupaten Serdang Bedagai, 2 orang dari Kota Medan, dan 1 orang dari Kota Binjai.

Pimpinan Kloter 16 Embarkasi Medan adalah Ansoruddin Saidin Nasution Bin Saidin Nasution.

Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, warga Sumatera Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji pada 2019 sebanyak 8.641 orang. (Ant)

Lihat juga...