hut

Tiga CJH Embarkasi Bekasi-Jakarta, Dipulangkan

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Tiga calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Bekasi-Jakarta dipastikan tertunda atau belum bisa diberangkatkan pada musim haji 1440 H/2019. Hal tersebut karena dua CJH dinyatakan hamil, dan satu pendamping mengalami sakit, setelah dilakukan cek kesehatan melalui tes urine oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 2 Bandung.

Dua CJH dipulangkan karena hamil berasa dari Kabupaten Cianjur, atas nama Neng Sarah Asep, dan Dedeh Kurnia Dudu, dari Kabupaten Sukabumi. Sedangkan Sri Wahyu Lestari, CJH asal Kota Bandung  disebabkan Exes dari Suwarno.

Sementara sembilan CJH dan tiga exes (pendamping) mengalami tunda berangkat sampai batas waktu tertentu. Tunda berangkat dimaksud bisa saja CJH berangkat pada kloter berikutnya, bila sudah dinyatakan tim medis bisa berangkat.

Ajam Mustajam, Kabid PHU Kemenag Jabar –Foto: M Amin

“Sementara Embarkasi Bekasi-Jakarta sudah tiga CJH asal Jabar dipulangkan atau tunda berangkat musim haji tahun ini. Untuk 12 CJH masih ada kemungkinan berangkat di kloter berikutnya,”kata Ajam Mustajam, Kabid PHU Kemenag Jabar, atau Sekretaris PPIH Embarkasi Bekasi-Jakarta, Senin (15/7/2019).

Dikatakan, total ada 14 CJH yang dinyatakan tertunda berangkat, tetapi di antara 12 jemaah itu, masih mungkin diterbangkan ke Tanah Suci. Hanya, mereka akan mengikuti kelompok terbang yang lain, selama ma­sih bisa diatasi oleh petugas kesehatan dari PPIH, CJH tetap akan menyusul diberangkatkan.

Untuk itu, lanjutnya, belum bisa disimpulkan jumlah keseluruhan yang gagal berangkat musim haji tahun ini, karena pemberangkatan masih berlanjut hingga 6 Agustus 2019 untuk Embarkasi Bekasi-Jakarta.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan jumlah CJH asal Jabar pada musim haji 2019 mencapai 39.515 orang, dengan 97 kloter. Sementara hingga Senin (15/7/2019), jumlah kloter yang sudah diberangkat dari Embarkasi Bekasi-Jakarta baru mencapai 30 kloter, artinya masih 67 kloter lagi.

“Kuota CJH terbanyak tahun ini dari Jabar berasal dari wilayah Kabupaten Bogor dan Cirebon, dan usia tertua 98 tahun berasal dari Kabupaten Bandung,” ujar Ajam, tanpa merinci jumlah di wilayah tersebut.

Pantauan di Embarkasi Bekasi Jakarta pada pukul 14.30 WIB, sejumlah CJH asal Cirebon mulai datang di Embarkasi. Terdapat beberapa CJH menggunakan kursi roda saat turun dari bus.

CJH dari Cirebon mulai tiba di Embarkasi Bekasi-Jakarta, dan sesuai jadwal setelah melalui proses pengurusan di PPIH, mereka akan segera diberangkatkan Selasa (16/7/2019) menuju Bandara Soekarno Hatta.

Lihat juga...