hut

Usai Diseruduk Vettel, Verstappen Beberkan Kondisi Mobil di Finis

JAKARTA — Tubrukan antara mobil Red Bull dan Ferrari kembali terulang, kali ini melibatkan Max Verstappen dan Sebastian Vettel di GP Inggris yang digelar di Sirkuit Silverstone, Minggu.

Pada awalnya, Verstappen memanfaatkan slipstream di belakang Vettel untuk menyalip pebalap Ferrari itu di lap ke-37.

Ketika Verstappen melewati sang juara dunia empat kali itu, Vettel berusaha mengejar di belakang namun terlambat melakukan pengereman sehingga menyeruduk sang pebalap asal Belanda itu dari belakang, demikian laman resmi Formula 1.

Keduanya melintir di trek namun terhindar dari perangkap gravel.

Vettel mengalami kerusakan sayap depan dan harus masuk ke pit untuk melakukan pergantian, sementara Verstappen yang mengalami benturan keras tidak masuk ke pit dan bertahan di P5 di belakang pebalap Ferrari Charles Leclerc dan Pierre Gasly, rekan satu tim di Red Bull.

“Kecewa setelah apa yang bisa kami raih jika tabrakan itu tak terjadi, tapi hal ini terjadi dan Seb telah minta maaf,” kata Verstappen dalam akun resmi Instagramnya.

Sebelumnya di GP Austria dua pekan lalu, Verstappen terlibat insiden senggolan dengan pebalap Ferrari lainnya, Charles Leclerc, di lap-lap terakhir untuk merebut gelar juara pertamanya musim ini.

Verstappen sempat dipanggil steward usai lomba namun lolos dari hukuman penalti.

Di Inggris, Vettel, setelah menyelesaikan balapan, menghampiri Verstappen di parc ferme Sirkuit Silverstone untuk meminta maaf.

“Itu kesalahanku. Dia melewatiku di Stowe dan kemudian sedikit melebar yang memberiku kesempatan untuk menyalip. Kemudian aku kira dia akan ke kanan sehingga ada ruang di sisi kiri, ke mana aku melaju, namun ternyata tidak terbuka dan pada saat itu aku sadar jika sudah terlambat, aku terlalu dekat dan aku menabraknya,” kata Vettel.

Vettel finis P16 dan mendapatkan penalti tambahan waktu 10 detik di akhir lomba.

Insiden tersebut mirip dengan apa yang terjadi di Azerbaijan tahun lalu ketika Verstappen diseruduk oleh rekan satu timnya saat itu, Daniel Ricciardo.

“Di Baku aku melaju sekitar 280 kpj, Daniel 320 kpj, kalian tahu kecepatannya sangat berbeda dengan di sini,” kata Verstappen.

“Dia (Vettel) jelas gagal mengerem dan (ban) terkunci kemudian menabrakku tapi kami telah bicara satu sama lain, dia meminta maaf. Pada akhirnya apa yang bisa kita lakukan?”

Verstappen pun mengaku tak tahu bagaimana dia bisa membawa mobilnya hingga garis finis dengan sejumlah kerusakan yang dialami.

“Jujur aku tak tahu bagaimana. Power steeringku rusak, kursiku mencuat, jadi setiap kali mengerem aku merosot ke depan. Di tikungan cepat aku bergeser ke kiri dan kanan. Ketika aku keluar dari mobil, lantai mobil dan bagian belakang hancur, jadi aku senang bisa finis kelima,” kata dia.

Dengan hasil itu, Verstappen masih di peringkat tiga klasemen sementara dengan 136 poin, sedangkan Vettel menguntit di peringkat empat dengan selisih 13 poin. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!