hut

Wagub NTB: Pelaku Usaha Diharapkan Dukung Kemajuan Wirausahawan Muda

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MATARAM  – Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, meminta perusahaan yang beroperasi di daerah NTB, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) bisa ikut berkontribusi mendukung kemajuan wirausahawan muda mengembangkan usaha.

“NTB banyak terdapat wirausahawan muda yang sedang menjalani maupun mengembangkan usaha, membutuhkan dukungan, baik dari skill maupun masalah permodalan. Pelaku usaha diharapkan bisa berperan memberikan dukungan,” kata Rohmi di Mataram, Sabtu (20/7/2019).

Ia juga berharap agar potensi pemuda NTB dapat dimaksimalkan, terutama dalam bidang kewirausahaan, karena bidang kewirausahaan sangat potensial mendukung kemajuan ekonomi masyarakat.

Salah satu produk usaha yang banyak dijalankan anak muda di NTB. Foto: Turmuzi

Apalagi NTB menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata yang tentunya memberikan efek cukup besar pada banyak bidang, terutama bidang wirausaha dan masyarakat pelaku UMKM di daerah.

“Anak muda harus lebih banyak didorong menggeluti wirausaha yang bisa membuka lapangan usaha, bukan mencari kerja. Karena kalau hanya menunggu ketersediaan lapangan kerja, jelas tidak cukup, dengan angkatan kerja yang terus meningkat,” katanya.

Rohmi berharap agar koordinasi antardinas, terutama Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Koperasi UKM, Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan dapat berjalan optimal, sehingga program-program kewirausahaan pemuda di NTB dapat berhasil.

“Bagaimana eksekusi dari program kewirausahaan kita ke depan, tugas kita untuk membuka pasar dan jalan bagi para pemuda,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, Hj. Husnanidiaty Nurdin, sebelumnya berharap, supaya program kewirausahaan dari Dinas Koperasi dan UKM maupun dari kementerian bisa lebih banyak menyasar pelaku usaha muda, untuk terus bisa maju dan berkembang dari usaha yang dijalankan sekarang.

Dikatakan, program kewirausahaan bagi pemuda sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) renstra Dispora NTB. Kerjasama, sinergi, dan bantuan dari dinas terkait dalam menyukseskan program tersebut tentu sangat diharapkan.

Lihat juga...