Warga Antusias Gunakan Hak Pilih di Pilkades Serentak Banyumas

Editor: Mahadeva

BANYUMAS – Masyarakat Kabupaten Banyumas antusias mengikuti agenda pemilihan kepala desa serentak yang dilaksanakan, Selasa (23/7/2019).

Tempat Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (TPS Pilkades) dipenuhi warga yang hendak menyalurkan hak pilihnya. “Sudah antri sejak tadi, mau nyoblos calon kades,” kata salah satu warga Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Lilis, usai menggunakan hak pilihnya.

Lilis dan warga desa lainnya, antusias menyalurkan hak pilih karena ingin desanya dipimpin Kepala Desa (Kades) yang benar-benar berkualitas. Baik secara kepemimpinan maupun sosok yang bisa berpihak pada kepentingan masyarakat.

Sementara, calon kades relatif lebih dikenal oleh pemilih, karena faktor kedekatan emosional dan sudah kenal secara personal. “Saya sudah punya pilihan, tentunya calon yang terbaik dari penilaian saya,” tuturnya.

Pilkades di Desa Parungkamal diikuti tiga orang calon kades, yaitu Andang Sudiharto pada nomor urut 1, Sindu Prayitno di nomor urut  2 dan Salimin di nomor urut 3. Ketiganya memperebutkan suara pemilih yang mencapai 5.195 orang.

Ketua Panitia Penyelengara Pilkades Desa Parungkamal, Warsono, mengatakan, pilkades di desanya berjalan aman dan tertib. Meskipun warga harus mengantri cukup lama, agar bisa menyalurkan hak pilih. Jauh hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara pilkades, panitia sudah menyosialisasikan nama-nama calon kades kepada warga.

Dalam sosialisasi, warga juga diimbau untuk tetap menjaga kerukunan dan jangan sampai terpecah-belah, apalagi sampai terjadi permusuhan dan keributan hanya karena perbedaan dukungan.

“Warga desa sini sudah teruji sejak Pilkada Banyumas tahun 2018 lalu. Kemudian pemilu kemarin, semua aman dan kondusif. Namun, pemilihan kepala desa ini, secara emosional lebih dekat, sehingga kita selaku panitia, tetap perlu untuk mengingatkan warga,” kata Warsono.

Calon kades, jauh-jauh hari juga sudah diingatkan untuk memiliki kedewasaan berpolitik. Bisa memberikan pengarahan kepada para pendukung, untuk bersikap sportif, siap menang dan siap kalah.

Gelaran pilkades serentak di Banyumas dilaksanakan di 257 desa. Total jumlah calon kades ada 785 orang. Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, mengatakan, pengamanan pilkades melibatkan 2.000 personel. Personel pengamanan, terdiri dari 1.135 personil Polres Banyumas, kemudian  210 personil dari tujuh polres terdekat, 100 personil Sabara dan 100 personil Brimob Polda Jateng, serta 500 personil TNI dari Kodim 0701 Banyumas.

“Untuk pengamanan kita pertebal di masing- masing distrik, satu distrik terdiri dari dua Kecamatan. Dengan penambahan sekitar 30 personel,” pungkasnya.

Lihat juga...