hut

Aceh Tengah Waspadai Penyebaran Hepatitis

Ilustrasi virus hepatitis - Ist

ACEH BESAR – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, mewaspadai penyebaran penyakit hepatitis B dan C. Dilakukan upaya deteksi dini, untuk mencegah penyakit menyebar di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Penyakit hepatitis merupakan penyakit menular yang harus diwaspadai, karenanya perlu dilakukan pencegahan sejak dini,” kata Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, di sela-sela membuka kegiatan dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia (HHS) ke-X dan HUT ke-74 Republik Indonesia yang berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah di Takengon.

Untuk melakukan deteksi dini dan pencegahan penyakit menular tersebut, harus dilakukan terlebih dulu oleh tenaga kesehatan. Termasuk oleh ASN yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Menurutnya, dengan deteksi dini dapat dilakukan penanganan lebih cepat. Sehingga proses penyembuhan, termasuk upaya pencegahan penyebaran bisa dilakukan lebih optimal.

Shabela meminta, petugas kesehatan di seluruh kecamatan hingga kampung, harus terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pencegahan hepatitis. Hal itu untuk mengejar target deteksi dini penyakit tersebut dapat tercapai. Selain hepatitis, Bupati Shabela juga menyinggung keberadaan angka stunting atau gagal tumbuh di daerahnya, yang juga terbilang tinggi. Kondisi tersebut ditegaskannya, harus ditekan dan diturunkan. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!