Anggota DPRD Jember 2019-2024 Diminta Segera Bersinergi

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Wakil Bupati Jember, Muqit Arif, meminta kepada anggota DPRD yang baru saja dilantik, untuk segera bersinergi agar dapat dilakukan percepatan pembangunan dari berbagai aspek di Jember.

“Komposisi DPRD yang baru ini bisa lebih baik lagi dalam mengelola potensi yang ada di Jember. Salah satunya, Jember sebagai kota santri, maka perlu dibangun bersama,” kata Muqit, usai menghadiri pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Jember, Rabu (21/8/2019).

“Sinergi legislatif dan eksekutif harus dilakukan bersama untuk membangun dan melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Jember,” imbuhnya.

Wabup juga menjelaskan, anggota dewan dan eksekutif harus membangun sinergi yang lebih baik. Terlebih lagi, bukan hanya dua elemen ini saja, tetapi pihaknya juga meminta semua elemen untuk ikut membangun Jember.

Wakil Bupati Jember, Muqit Arif, usai menghadiri acara Pelantikan Anggota DPRD Jember periode 2019-2024 di gedung DPRD Jember, Rabu (21/8/2019). -Foto: Kusbandono

Muqit menambahkan, tidak ada masalah untuk berkomunikasi dengan legislatif, pasalnya banyak anggota dewan baru yang sudah berpatner.

“Jadi sinergi dan komunikasi sudah dibangun sebelumnya, serta memudahkan untuk bersama mambangun Kabupaten Jember,” ujarnya.

Sementara itu, usai pelantikan Anggota DPRD Jember periode 2019-2024, DPRD Jember masih menyisakan 5 butir tugas yang harus dituangkan dalam Peraturan Daerah (perda) yang ditunggu oleh masyarakat.

Salah satunya berkaitan dengan perda Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), penyertaan modal PDP Kahyangan dan beberapa perda lainnya.

Muqit Arif, mengatakan, waktu yang menyisakan 5 bulan ini harus dimanfaatkan oleh DPRD untuk menyelesaikan beberapa perda yang belum diselesaikan, dan ini menjadi PR bagi DPRD yang baru. Terlebih lagi berkaitan dengan APBD 2020 yang harus selesai tepat pada waktunya.

“Untuk RAPBD 2020 masih belum diserahkan, namun secepatnya akan diajukan oleh eksekutif. Karena baik perda dan APBD sangat ditunggu oleh masyarakat Jember,” ujarnya.

Selain itu, Ketua DPRD Jember yang baru (sementara), Muhammad Itqon Syauqi, mengatakan, berkaitan dengan RAPBD 2020 pihaknya sudah berkomunikasi dengan berbagai unsur partai untuk mempercepat penyusunan kelengkapan dewan, kemudian segera menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

Untuk pembahasan Perda APBD 2020, PDP Kahyangan, pihaknya meminta untuk menunggu pengurusan DPRD Jember definitif terlebih dahulu, baru segera dilaksanakan pembahasan tersebut.

Lihat juga...