Atasi Darah Tinggi, Puskesmas Cikokol Perkuat Program “Dara Ting-Ting”

Ilustrasi pemeriksaan tekanan darah - Dok: CDN

TANGERANG – Guna membantu masyarakat mengatasi masalah darah tinggi, Puskesmas Cikokol meluncurkan program Dara Ting-Ting, program yang memiliki kepanjangan Darah Tinggi Tinggalkan.

Program yang sudah berjalan sejak 2018 tersebut, kini diupayakan agar berjalan lebih dioptimalkan lagi. Hal itu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Wardiah, Kepala Penanggung Penyakit Tidak Menular Puskesmas Cikokol menuturkan, program tersebut dilaksanakan setiap Rabu. Kegiatannya dengan pengecekan langsung oleh petugas ke rumah warga.

Dalam pemeriksaan tersebut, tenaga medis seperti dokter, perawat, ahli gizi, promkes dan kader penyakit tidak menular, semua bergerak mendatangi masyarakat. Jika ditemukan ada masyarakat yang alami darah tinggi maka akan diberikan pengobatan dan edukasi hidup sehat.

“Hasil temuan di lapangan, penderita darah tinggi adalah perokok. Warga kita anjurkan mengecek tekanan darah secara rutin sebab bisa terkena stroke jika tak terkontrol,” paparnya.

Solusi mengatasi darah tinggi dengan diet seimbang, olahraga teratur seperti jalan cepat minimal 30 menit sehari. “Darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Maka itu harus terapkan hidup sehat. Minimal dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...