hut

Babel Diusulkan Menjadi Pangkalan Keamanan Laut Pertama Indonesia

Ilustrasi kapal TNI AL - DOK CDN

PANGKALPINANG – Bangka Belitung diusulkan menjadi daerah pangkalan ketahanan dan keamanan laut Indonesia. Kondisi perairan di provinsi itu dinilai strategis, aman dan memiliki akses yang mudah.

“Letak Bangka Belitung sangat strategis dan merupakan jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I serta tidak berada di jalur ring of fire,” kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, Sabtu (24/8/2019).

Jika usulan Bangka Belitung diterima, maka Bangka Belitung (Babel) akan menjadi pangkalan laut pertama di Indonesia. “Ada yang perlu ditambahkan dalam rekomendasi usulan ini, karena kita berbicara tentang pertahanan keamanan, yaitu melindungi negara dan menjaga keamanan serta ketertiban negara,” ujarnya.

Menurutnya, Babel merupakan provinsi kepulauan. Dari segi keamanan sangat strategis, dan apabila pemerintah pusat dipindahkan ke Kalimantan, tentu akan lebih mudah mengaksesnya. “Usulan ini menjadi bahan pembicaraan yang akan mengangkat Bangka Belitung. Dan ini akan berdampak baik terhadap pembangunan serta kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ketua Tim Kuliah Kerja Dalam Negeri Pasis Dikreg XLVI Sesko TNI, Bambang Sutrisno, mengatakan, Bangka Belitung memiliki keindahan pantai serta sumber daya alam yang potensial. (Ant)

Lihat juga...