hut

Balecatur Berupaya Wujudkan Desa Membaca

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Setelah berhasil meraih juara I lomba perpustakaan desa tingkat nasional 2019 yang digelar Perpusnas RI, Perpustakaan Desa (Perpusdes) Sumber Ilmu Balecatur Sleman, bertekad meningkatkan prestasi lebih tinggi lagi, yakni dengan mewujudkan Desa Membaca. 

Sebagai perpustakaan umum desa/kelurahan terbaik tingkat nasional 2019, Perpusdes Balecatur mengaku akan terus melanjutkan program-program yang sudah ada, serta tak henti membuat sejumlah program baru, guna mencapai target baru tersebut.

“Melalui Perpustakan ini, kita selanjutnya ingin menjadikan desa Balecatur sebagai Desa Membaca. Ini sesuai dengan visi kita, yakni ‘Maju bersama Perpustakaan Sumber Ilmu Mewujudkan Masyarakat Desa Balecatur yang Cerdas dan Berkualitas’ serta motto ‘Maju Desaku Bersama Sumber Ilmu’,” ujar pengelola Perpusdes Sumber Ilmu, Balecatur, Susi Purwani, Kamis (29/8/2019).

Saat ini, kata Susi, desa Balecatur telah menjadi Rintisan Desa Membaca serta Desa Mandiri Gembar Membaca. Dimotori Perpusdes Sumber Ilmu, berbagai kegiatan untuk mendorong warga memiliki minat baca yang tinggi, digelar. Mulai dari layanan perpustakaan keliling, layanan pojok baca, home theater dan audio visual, ruang baca anak, hingga pelatihan UKM lewat program sekolah Kamis.

“Saat ini, pojok baca baru ada di 7 padukuhan. Ke depan, kita ingin semua padukuhan sebanyak 18 wilayah, masing-masing memiliki pojok baca sendiri-sendiri. Sehingga setiap warga di masing-masing padukuhan bisa mengakses buku tanpa perlu ke Perpusdes. Tinggal kita roling saja buku-bukunya,” katanya.

Beberapa waktu lalu, Perpusdes Sumber Ilmu Balecatur, berhasil meraih juara I lomba perpustakaan desa tingkat nasional yang digelar Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas).

Perpusdes yang diresmikan oleh Kepala Desa Balecatur, Hj Sebrat Haryanti, pada 22 Agustus 2011, dengan SK Pendirian Nomor: 14/KEP.Kades/BLC/2011, ini meraih predikat Perpusdes Klaster A. Dan, berhasil menyisihkan 18 perpustakaan desa/kelurahan yang mewakili provinsi lain.

Kejuaraan ini digelar Perpustakaan Nasional RI di Jakarta mulai 14-16 Agustus 2019. Ajang ini merupakan puncak rangkaian acara yang sudah dilaksanakan seleksi tingkat kabupaten/kota. Mulai dari penentuan pemenang tingkat provinsi, pengiriman berkas tingkat nasional, dan penyeleksian berkas hingga visitasi lapangan yang dilakukan langsung juri-juri.

Lihat juga...