hut

Bantuan Damandiri, Ubah Lantai Rumah Jumadi Jadi Keramik

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Rumah pasangan Jumadi dan Dwi Maryanti, warga Kemusuk Kidul, RT 05, Argomulyo Sedayu, Bantul, terlihat jauh berubah sejak beberapa waktu terakhir. Pemandangan mencolok nampak terlihat di bagian lantai rumahnya.

Keramik baru yang masih mengkilat terlihat memenuhi setiap ruangan rumah sederhana tersebut. Sehingga menjadikan rumah itu nampak jauh lebih bersih, indah, sehat dan tertata dibandingkan sebelumnya.

Kondisi seperti itu mungkin akan sulit terwujud tanpa adanya bantuan program lantainisasi dari Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari. Pasalnya keluarga pasangan Jumadi dan Dwi Maryanti, merupakan salah satu keluarga miskin di Desa Argomulyo.

Jumadi sebagai kepala keluarga, hanya bekerja serabutan sebagai buruh bangunan. Sementara Dwi Maryanti hanya merupakan ibu rumah tangga biasa yang sehari-hari berada di rumah dan tidak bekerja.

Dengan satu anak yang masih sekolah, keduanya tentu akan sulit menyisihkan uang untuk merenovasi rumah mereka karena keterbatasan penghasilan atau pendapatan yang mereka miliki.

“Dulu sebelum mendapat bantuan, lantai rumah ini masih berupa tanah pasir. Sebagian sudah disemen tapi hanya sedikit. Baru setelah ada bantuan, lantai rumah bisa dikeramik,” ujar Angga anak pasangan Jumadi dan Dwi Maryanti, Senin (19/8/2019).

Melalui program Desa Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri memang tak henti melakukan upaya pemberdayaan bagi masyarakat Desa Argomulyo, khususnya keluarga kurang mampu atau prasejahtera.

Salah satu program pemberdayaan di bidang lingkungan dan kesehatan yang dilakukan, adalah merenovasi lantai rumah warga yang tidak layak.

Lewat program bantuan lantainisasi, ratusan rumah warga miskin di Desa Argomulyo diperbaiki. Yakni dengan memberikan bantuan dalam bentuk barang berupa, pasir, semen dan uang untuk biaya tukang atau tenaga.

“Kita dapat bantuan berupa pasir, semen dan tukang dari Yayasan Damandiri. Untuk keramik kita beli sendiri. Nyicil sedikit demi sedikit. Untung ada bantuan lantainisasi ini, sehingga keramik bisa dipasang,” katanya.

Berkat bantuan itu, Angga mengaku kini rumahnya menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Ia pun mengaku berterima kasih pada Yayasan Damandiri dan berharap ada bantuan lain yang diberikan untuk membantu warga miskin di desanya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!