hut

Berdayakan Desa, Baznas Salurkan Hewan Kurban di Sukaindah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sebanyak 86 ekor hewan kurban jenis domba untuk didistribusikan kepada warga di Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hal tersebut sebagai bentuk pelaksanaan kurban berdayakan peternak yang ada di desa.

“Pelaksanaan kurban berdayakan desa, di desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi, tahun ini disumbang oleh Capital Life Syariah dan beberapa donatur yang ingin berkurban,” ungkap Emmy Hamidiyah Anggota Baznas Pusat, Senin (12/8/2019).

Emmy Hamidiyah Anggota Baznas Pusat, saat memaparkan program kurban berdayakan peternak di Bekasi, Senin (12/8/2019) – Foto: Muhammad Amin

Dikatakan bahwa program berdayakan desa adalah program Baznas dengan memberdayakan peternak sekitar 60 peternak dengan 300-an kambing domba di desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten bekasi. Tahun ini ada 86 kambing yang sudah dijadikan hewan kurban dari peternak yang ada di desa tersebut.

Pemotongan dilakukan langsung di Desa Sukaindah, dan dibagikan kepada warga setempat. Sehingga masyarakat di Desa Sukaindah khususnya peternak binaan Baznas bisa berdaya dan mendapat keuntungan dari program tersebut. Warga lainnya pun bertambah gizi.

Menurutnya, Baznas di Desa Sukaindah, memiliki tiga kandang besar yang dikelola peternak tempatan, dan puluhan ekor kambing yang dibagikan kepada warga secara ritel untuk dipelihara di rumah masing-masing dengan total ada 300 kambing di wilayah setempat.

Lebih lanjut dia mengatakan dalam Kurban Berdayakan Desa, Baznas juga mengenalkan cara berkurban alami, dimana pembagian daging menggunakan besek tanpa menggunakan kantung plastik.

“Tahun ini, program berdayakan desa oleh Baznas, dilaksanakan di 23 Provinsi dengan titik tertentu  total 1600 ekor kambing yang dibagikan dari berbagai donatur,” tukasnya.

Dia berharap Baznas bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Mengingat dari 23 provinsi semua kurban dilaksanakan di desa tertentu yang telah ditetapkan. Untuk Desa Sukaindah sendiri adalah wilayah kedua yang dilaksanakan, setelah di Bogor Parung saat hari pertama.

Sementara itu, Direktur Utama PT Capital Life Syariah, Fitri Hartati, yang hadir menyerahkan hewan kurban secara simbolis menyampaikan bahwa tahun ini Capital Life, mempercayakan Baznas untuk mengelola zakat perusahaan yang dia pimpin.

“Capital Life Syariah, di Desa Sukaindah, hanya menyalurkan 79 ekor hewan kurban domba. Itu berasal dari dana zakat perusahaan sebanyak 70 ekor kambing, dan sisanya dari program bakti karyawan,” ujarnya mengaku penyaluran zakat ini adalah yang pertama sejak berdirinya perusahaan dua tahun lalu.

Selain itu dia menyebut memilih Baznas sebagai penyalur dana zakat perusahaan dalam bentuk kampanye zakat. Diharapkan ke depan Baznas bisa lebih banyak lagi menyalurkan zakat perusahaan dalam membantu ekonomi kerakyatan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!