hut

BPDB Jayawijaya Belum Miliki Peralatan Pemadam Kebakaran Hutan

Ilustrasi - Petugas BPBD berupaya memadamkan kebakaran lahan dan hutan - Dok CDN

WAMENA – Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, belum memiliki peralatan pemadam kebakaran hutan.

Sementara beberapa kawasan di daerah tersebut berpotensi terjadi kebakaran. Kepala BDPD Jayawijaya, Amsal Wamu, di Wamena mengatakan, langkah yang dilakukan untuk mencegah kebakaran adalah mengimbau warga tidak membakar hutan.

“Untuk alat pemadam kebakaran, khusus kami BPDB sendiri belum punya, artinya sarana prasarana terkait penanganan bencana kami belum punya, masih terbatas,” katanya, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, Pemerintah Jayawijaya memiliki beberapa mobil pemadam kebakaran. Namun, jumlahnya terbatas. Keterbatasan peralatan pemadam kebakaran hutan, mendorong BPBD gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar hutan.

Amsal mengatakan, di 2015 terjadi kebakaran hutan di Jayawijaya dan mengakibatkan 500 rumah terbakar. Pada kebakaran tersebut, sejumlah benda-benda budaya yang disimpan di dalam rumah adat juga ikut terbakar. “Ini pengalaman yang kami selalu sampaikan kepada masyarakat untuk tidak boleh bakar hutan sembarangan, tidak menebang pohon sembarang,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...