hut

Calon Kades di Banyumas Layangkan Gugatan ke PTUN

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Keputusan bupati Banyumas untuk tetap melantik kepala desa terpilih dari Desa Baseh yang masih berperkara dugaan politik uang di panitia pengawas Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), berujung pada pelaporan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Gugatan ke PTUN disampaikan calon kades Baseh, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas  nomor urut 3, Bandu Sucipto (45) melalui kuasa hukumnya Aan Rohaeni.

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang menyiapkan surat gugatan termasuk barang bukti dan saksi. Ada waktu 90 hari sejak penetapan hasil pilkades untuk menyampaikan gugatan ke PTUN Semarang.

“Kita sudah berupaya mediasi dengan melayangkan surat kepada bupati Banyumas. Kita mengingatkan bahwa bupati mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan perselisihan pilkades dalam waktu 30 hari sejak penetapan hasil. Namun, surat tersebut tidak ditanggapi dan kades terpilih dari Baseh tetap dilantik, maka kita tempuh jalur hukum dengan mendaftarkan gugatan ke PTUN,” terang Aan Rohaeni, Jumat (2/8/2019).

Menurut  Aan Rohaeni, keputusan bupati untuk tetap melantik kades baseh terpilih dan mengabaikan permohonan penundaan pelantikan yang diajukannya, akan diuji di PTUN.

Terpisah, Bupati Banyumas, Achmad Husein, saat dikonfirmasi mengatakan, pelantikan terhadap kades Baseh terpilih tetap dilakukan pada hari Rabu (31/7/2019), karena semua persyaratan sudah lengkap.

Bupati Banyumas, Achmad Husein saat menanggapi soal gugatan ke PTUN, Jumat (2/8/2019). Foto: Hermiana E. Effendi

Konfirmasi dari pihak panitia pemilihan desa, semua data sudah lengkap dan valid, sehingga tetap dilakukan pelantikan.

Terkait proses dugaan politik uang ataupun proses hukum yang akan ditempuh calon kades lainnya, Bupati mempersilakan dan siap untuk mengikuti proses hukum tersebut.

“Ini kan negara hukum, jadi untuk proses hukum silakan jalan, semua menjalankan tugas sesuai dengan porsinya masing-masing. Saya juga tetap melantik kades Baseh terpilih, sesuai porsi saya, karena semua persyaratan memang sudah lengkap,” jelas Husein.

Ada tiga calon dalam Pilkades Baseh dan berdasarkan hasil rekapitulasi dari panitia Pilkades Baseh, calon nomor urut 1 Amin Fauzan mendapatkan 919 suara, calon nomor urut 2 Suparlan mendapatkan 749 suara dan calon nomor urut 3 Bandu Sucipto mendapatkan 917 suara.

Selisih antara perolehan calon nomor urut 1 dan 2 hanya dua suara. Dan calon terpilih sedang dalam proses pelaporan dugaan politik uang di pengawas pilkades setempat.

 

 

Lihat juga...