hut

Dana Kelurahan di Balikpapan untuk Infrastruktur dan Peningkatan SDM

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Pada tahun ini, setiap kelurahan di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, memperoleh bantuan dari APBN. Setiap kelurahan memperoleh Rp 352 juta diperuntukkan pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Camat Balikpapan Barat, Arif Fadhillah, menjelaskan, saat ini kelurahan masih menyusun dokumen penyusunan anggaran selanjutnya program masing-masing kelurahan akan dilaksanakan. Program menyesuaikan dengan kebutuhan dari kelurahan yang terdiri dari fisik dan non-fisik.

“Kebutuhan infrastruktur kelurahan di antaranya perbaikan jalan hingga normalisasi drainase. Kemudian non-fisik itu seperti pelatihan pemberdayaan UMKM dan lainnya yang mendukung peningkatan kualitas SDM,” terangnya, saat ditemui, Senin (19/8/2019).

Sebelum dana kelurahan disalurkan maka pihak kelurahan akan mendapatkan pengarahan dari Bappeda. Karena dalam penyaluran dan penggunaannya harus dipertanggungjawabkan.

“Kami ingatkan pentingnya prinsip kehati-hatian dalam mengelola dana kelurahan karena setiap rupiah harus dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Di Kecamatan Balikpapan Barat sendiri terdapat enam kelurahan. “Program nanti sesuai dengan kondisi daerah baik itu pembangunan infrastruktur maupun non-fisik,” bebernya.

Anggaran untuk kelurahan tersebut menurutnya, pada 2020 mendatang akan mengalami peningkatan yaitu masing-masing kelurahan dianggarkan Rp 1 miliar.

“Anggaran itu dialokasikan dari APBD. Kalau tahun ini melalui APBN yang Rp352 juta itu,” tandasnya.

Dia mengharapkan bantuan dana yang dikucurkan untuk masing-masing kelurahan dapat membantu program-program yang dilaksanakan dari pembangunan infrastruktur hingga non-fisik.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!