hut

Dapat Remisi, Lima Warga Binaan di Purwokerto Bebas

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO  – Sebanyak 495 orang warga binaan di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Purwokerto dan Rutan Banyumas, mendapatan remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke-74. Dengan  besaran remisi antara satu hingga empat bulan, tercatat ada lima orang warga binaan langsung bebas.

Remisi diberikan langsung Bupati Banyumas, Achmad Husein, di Lapas Purwokerto, usai memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI. “Kepada seluruh warga binaan yang hari ini mendapatkan remisi, khususnya yang bebas, saya mengucapkan selamat dan mengingatkan agar tetap berupaya meningkatkan keimanan sebagai landasan menjalani kembali kehidupan ditengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat,” tandas Achmad saat menyampaikan remisi, Sabtu (17/8/2019).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Purwokerto, Bambang Basuki, mengatakan, Lapas Purwokerto mendapatkan remisi Umum I sebanyak 491 orang. Untuk remisi umum II (langsung bebas) diberikan untuk empat orang warga binaan.

Sementara dari Rutan Purwokerto, ada satu warga binaan yang mendapatkan remisi umum II. “Sebanyak empat orang langsung bebas untuk Lapas Purwokerto dan satu orang dari Rutan Banyumas, sehingga total ada 5 warga binaan yang langsung bebas. Besarnya remisi yang diberikan antara 1-4 bulan,” jelasnya.

Bambang menyebut, saat ini Lapas Purwokerto dihuni 864 orang warga binaan. Sebagian besar penghuni terjerat kasus narkoba. Jumlah penghuni kasus narkoba mencapai 500 orang, dan berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Salah satu warga binaan yang mendapatkan kebebasannya setelah mendapatkan remisi HUT Kemerdekaan, Mukhtarom mengatakan, sangat bersyukur bisa menghirup udara bebas lebih cepat. Mukhtarom yang tersandung kasus penipuan, divonis hukuman satu tahun 10 bulan. “Alhamdulillah bisa bebas lebih cepat, saya janji tidak akan mengulangi perbuatan pelanggaran hukum apapun dan tidak akan kembali lagi ke sini,” tuturnya.

Lihat juga...