hut

Dinkes Cianjur Optimis Target Bebas ‘Stunting’ Tercapai

CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur, Jawa Barat, menggencarkan sosialisasi peningkatan pengetahuan ibu hamil tentang penambahan nutrisi, sebagai upaya menekan angka stunting di wilayah tersebut.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Dinkes Cianjur, Teni Herawati, menjelaskan berdasarkan data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan dalam lima tahun sekali, data 2013 jumlah stunting di Cianjur berada di angka 41,7 persen.

Jumlah tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan pada 2018 sebesar 8,2 persen, dari jumlah stunting yang mencapai 33,5 persen tersebar di sejumlah wilayah di Cianjur.

“Saat ini, Pemkab Cianjur menargetkan jumlah penurunan angka stunting di angka 27 persen, berbeda tipis dengan target pemerintah pusat 28 persen. Sedangkan angka toleransi dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Helt Organization/WHO) sebesar 20 persen,” katanya, Sabtu (10/8/2019).

Berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk menekan angka kasus stunting tersebut, seperti melakukan sosialisasi hingga ke pelosok dengan membahas masalah kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil dan pemeberian tablet penambah darah.

“Kita juga melakukan Bulan Penimbangan Balita (BPB) yang dilakukan dua kali dalam satu tahun pada Februari dan Agustus. Untuk menekan angka stunting, kami melibatkan berbagai kalangan dan OPD terkait,” katanya.

Menurut dia, seiring dengan kemajuan teknologi, tingkat pengetahuan ibu hamil tentang penambahan nutrisi sudah mulai meningkat karena saat ini informasi soal kesehatan ibu hamil mudah didapatkan.

“Kami optimis target Cianjur bebas stunting yang sudah ditetapkan beberapa waktu lalu, dapat tercapai karena berbagai upaya telah kita lakukan sejak tahun sebelumnya,” kata Teni. (Ant)

Lihat juga...