hut

Dispora Malang Siap Gelar Malang Fun Run

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Olahraga lari saat ini semakin digemari masyarakat, bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai gaya hidup. Selain murah, lari merupakan olahraga yang mudah, sederhana, dan bisa dilakukan bersama-sama.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap olahraga lari, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) kota Malang menggandeng Komunitas Lari Malang Raya (Kolamara) segera menyelenggarakan Malang Fun Run 5K pada bulan Oktober 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Kota Malang sekaligus penanggung jawab acara, Eko Sri Yuliadi, S.Sos, MM, menjelaskan, Malang fun run 5K sebagai ajang pemanasan bagi masyarakat pecinta lari sebelum mengikuti Malang Marathon 2020.

“Pada awalnya Malang fun run ingin kita selenggarakan secara sederhana. Tetapi kemudian ada beberapa masukan untuk membuatnya sebagai event yang besar. Akhirnya kami menggandeng dari Kolamara untuk mempersiapkan event ini,” jelasnya saat menghadiri Press Conference di hotel Aria Gajayana, Selasa (20/8/2019).

Menurut Eko, Malang fun run 5k juga sebagai ajang promosi wisata kota Malang kepada para pelari yang berasal dari luar Malang. Para peserta nantinya akan disuguhi keindahan kota Malang dan keramahan masyarakat lokal.

“Nanti rutenya akan melalui tempat-tempat bersejarah di kota Malang yang memiliki potensi wisata. Kami berharap mudah-mudahan dengan dukungan semua komponen di kota Malang, Malang fun run 5 K bisa berjalan dengan sukses,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan ketua pelaksana, Dony Setiawan Saputra. Untuk start dan finish berada di depan Balaikota Malang atau di Tugu Malang. Selanjutnya para peserta akan melalui tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah maupun bangunan bersejarah.

Ketua Pelaksana Malang Fun Run, Dony Setiawan Saputra, saat diwawancarai awak media di hotel Aria Gajayana, Selasa (20/8/2019). Foto: Agus Nurchaliq

Termasuk juga melalui jalanan yang melintasi tempat wisata kampung tematik Warna-warni, kampung 3D, dan kampung biru Arema.

“Kami ingin mengenalkan tempat-tempat yang menjadi ikon kota Malang kepada para peserta lari, seperti Alun-alun kota Malang, Jalan Kayutanga, kampung tematik, dan stadion Gajayana,” sebutnya.

Menariknya lagi, para peserta juga akan merasakan sensasi berlari di lintasan lari yang berada di dalam stadion Gajaya.

Menurut Dony, di Indonesia sendiri sudah banyak digagas dan digelar event lari yang bergengsi seperti Bali Marathon, Bandung marathon, Borobudur Marathon, Jogja Marathon dan lain-lain. Antusiasme peserta nampak dari penerimaan dan pendaftaran dari khalayak baik di tingkat lokal, nasional bahkan peserta dari mancanegara.

“Kami targetkan ada 1.000 peserta yang akan mengikuti event Malang fun run kali ini. Selain menjadi peserta, mereka diharapkan bisa menjadi turis di kota Malang dengan mengajak serta keluarga mereka untuk menikmati keindahan kota Malang,” pintanya.

Lebih lanjut disampaikan Dony, setiap peserta dikenai biaya pendaftaran Rp 125 ribu dan mereka berhak mendapatkan jersey, medali finisher, dan nomer dada.

“Pendaftaran bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi sekretariat Malang fun run di Mall Olympic Garden. Dan pendaftaran secara online melalui DM instagram@malangfunrun2019,” jelasnya. Tersedia berbagai hadiah bagi pemenang dengan total hadiah Rp 75 juta,” pungkasnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!