hut

HUT Kebumen, KAI Beri Diskon Penumpang 10 Persen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Kegembiraan perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kebumen ke-390, bisa dirasakan masyarakat luas. Mengingat dalam rangka HUT Kebumen yang jatuh pada tanggal 19 Agustus, PT KAI Daop 5 Purwokerto memberikan diskon untuk tiga tiket kereta api (KA) yang keberangkatan penumpangnya dari Stasiun Kebumen.

Waktu pemberian diskon sebesar 10 persen juga cukup lama, yaitu mulai tanggal 18–31 Agustus 2019. Tiga KA yang mendapat diskon yaitu pembelian tiket KA Sawunggalih, KA Wijayakusuma dan KA Kutojaya Utara.

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, saat ditemui Cendana News, Jumat (16/8/2019) -Foto: Hermiana E. Effendi

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan, selain untuk perayaan HUT Kabupaten Kebumen, pemberian diskon ini, sekaligus sebagai sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api. Pembelian tiket diskon tersebut, sudah bisa dilakukan sejak tanggal 15 Agustus 2019.

“Ini merupakan bentuk partisipasi PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam peringatan HUT Kabupaten Kebumen. Diskon 10 persen untuk tiga KA, yang keberangkatannya dari Stasiun Kebumen,” terangnya, Jumat (16/8/2019).

Tiket promo diskon 10 persen ini, lanjut Supriyanto, bisa diperoleh di seluruh loket penjualan tiket KA di stasiun-stasiun terdekat.

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat,” tuturnya.

Selain diskon tiket dalam rangka HUT Kabupaten Kebumen, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga akan menggratiskan tiket khusus untuk KA lokal atau komuter PSO dan perintis, tepat pada perayaan HUT Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus. Sehingga masyarakat bisa menikmati perjalanan KA Prameks secara gratis.

Promo gratis ini merupakan bentuk partisipasi PT KAI untuk menyemarakkan hari lahirnya kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk wilayah Daop 5 Purwokerto, tiket KA yang bisa didapatkan dengan gratis yaitu tiket KA Prameks relasi Kutoarjo – Solo balapan PP.

Meskipun gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp.0. Dan tiket bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA Prameks. Kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

“Untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, bisa mengambil pengembalian biaya tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang, dengan jangka waktu maksimal 3 hari sejak kedatangan KA. Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket atau boarding pass/e-boarding pass ke petugas di stasiun,” pungkasnya.

Lihat juga...