hut

Indonesia Kirim 4 Siswa Ikuti IESO 2019 di Korea Selatan

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Melanjutkan capaian di bidang kebumian, Indonesia kembali mengirim empat siswa hasil seleksi ke Olimpiade Kebumian Internasional (International Earth Science Olimpyad/IESO) 2019 Daegu, Korea Selatan. 

Pendamping Tim Indonesia, Dr. Ichsan Ibrahim, menyebutkan, bahwa empat siswa yang berasal dari Jakarta, Salatiga, Pontianak dan Gorontalo, ini sudah melewati berbagai tahapan seleksi.

“Mereka ini pemenang OSN bidang Kebumian. Kita ambil 30 orang peraih medali untuk mengikuti pelatnas I di Yogyakarta,” kata Ichsan, saat ditemui di sela pelatihan astronomi di Planetarium dan Observatorium Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dari Pelatnas I yang berlangsung pada Oktober 2018 ini, para peserta diseleksi berdasarkan hasil tes yang menyisakan 15 peserta untuk memasuki Pelatnas II pada Februari 2019, lalu.

“Di Pelatnas II ini, tersisa tujuh orang untuk melanjutkan ke Pelatnas III di Bandung pada Mei 2019. Dari hasil Pelatnas III yang terpilih adalah empat orang ini. Karina Imani dari SMAK IPEKA Sunter,  Muhammad Eko Akbar Heriyanto dari SMA Negeri 1 Salatiga, Handi Halim dari SMAK Immanuel Pontianak, dan Ivan Muhammad Mahendra dari MAN Insan Cendekia Gorontalo,” ujar Ichsan.

Ke empat peserta ini akan berangkat ke Daegu, Korea Selatan, pada 25 Agustus 2019 malam.

“Kegiatan olimpiade akan berlangsung dari tanggal 26 Agustus hingga 3 September 2019,” ucap Ichsan.

Kebumian merupakan gabungan dari empat bidang ilmu, yaitu Meteorologi, Astronomi, Geologi dan Oceanografi. Olimpiade Kebumian merupakan satu dari 13 agenda olimpiade sains yang diselenggarakan hingga tingkat internasional.

“Jadi, kebumian ini mempelajari bumi secara fisik dan langit. Nanti semua bidang keilmuan ini akan dites,” urai Zahratun Nadira, salah seorang mahasiswi Geologi UGM Tingkat Akhir yang mendampingi saat pelatihan di Jakarta.

Konsep pelatihan ini, menurut Zahra, hanya berbentuk diskusi. Karena semua pelatihan sudah dilakukan pada pelatnas. “Jadi, sekarang tinggal pemantapan saja. Refreshment, gitu. Hari ini di planetarium, kalau besok hingga 24 Agustus di hotel,” pungkasnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!