hut

Kafilah UM Kembali Meraih Gelar Juara Umum MTQMN

Editor: Mahadeva

MALANG – Kafilah Universitas Negeri Malang kembali merebut gelar juara umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN).

Pada ajang ke-XVI yang digelar di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, merupakan gelar juara ke-empat yang diraih secara berturut-turut. “Kata kunci keberhasilan ini adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas, serta dukungan penuh dari petinggi UM,” jelas Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd, Senin (5/8/2019).

Komponen penting untuk mencetak juara adalah dengan adanya pembinaan yang berkesinambungan. Selain itu, para kafilah juga harus segera melupakan keberhasilan mereka, dan kembali fokus untuk menghadapi MTQMN ke-17 yang akan digelar di Bangka Belitung.

Ketua kafilah Universitas Negeri Malang (UM), Moh.Fauzan, S.Pd.M.Pd,M.Pd.i. menyebut, keberhasilan mempertahankan juara umum untuk ke empat kalinya, tidak diraih secara instan. “Mereka yang sebelumnya telah mengikuti MTQ regional tidak secara otomatis bisa mengikuti MTQMN. Mereka harus tetap mengikuti seleksi yang ketat dan mengikuti karantina,” jelasnya.

UM memenangkan 12 cabang lomba diantaranya, juara 1 dalam cabang Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIA), dan Desain Aplikasi Qur’an (DAQ). Selanjutnya peraih juara 2 dalam cabang musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 30 Juz Putri dan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) 20 Juz putra. UM juga meraih juara 3 dalam cabang lomba Musabaqah Debat Bahasa Arab (MDBA), Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), dan Musabaqah Khothil Qur’an (MKQ) Dekorasi Putri.

Kemudian peraih Juara Harapan 1 untuk Musabaqah Tartilil Quran (MTrQ) Putri, peraih Juara Harapan 2 untuk cabang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putra dan Musabaqah Debat Bahasa Inggris (MDBI). Terakhir, UM juga meraih Juara Harapan 3 untuk Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Putri. “Total nilai akhir yang merupakan akumulasi poin-poin dari Juara yang telah diraih UM adalah sebesar 64 point,” pungkasnya.

Lihat juga...