Kalimantan Ibu Kota Negara, PLN Siap Suplai Listrik

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN –PLN menyatakan siap dalam penyediaan energi listrik di Kalimantan, jika nantinya wacana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke pulau tersebut terealisasi.

“Kalimantan kebetulan siap, dan sistem kita sekarang dalam kondisi surplus. Artinya, tidak perlu khawatir dengan ketersediaan energi listrik dari beberapa lokasi alternatif,” kata Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, yang kini juga merangkap Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan, Syamsul Huda, usai kegiatan Kalimantan Economic Outlook 2020, di Balikpapan, Selasa (20/8/2019).

Menurutnya, berdasarkan data PLN Wilayah Kalimantan, ketenagalistrikan semester 1 2019, bahwa sekitar 2.113 Megawatt pembangkit akan dibangun, dengan 5.557 KMS transmisi, serta 5.001 MVA Gardu Induk.

Tahun ini, PLN Direktorat Bisnis Regional Kalimantan memiliki target penambahan infrastruktur yang COD pada 2019 sekitar 910.9 MW Pembangkit, 3.898 KMS transmisi, dan 1.360 MVA Gardu Induk “Kita tinggal diberikan informasi lokasinya di mana, nanti kita akan mendukung dari sisi infrastruktur pengadaan energi listriknya,” katanya.

Lihat juga...