hut

Kelompok Tani di Kaltim Dilatih Manajemen Organisasi

Editor: Mahadeva

SAMARINDA – Kelompok tani di Kalimantan Timur diberi pelatihan manejemen kelembagaan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat. Pelatihan untuk memaksimalkan fungsi dari kelompok tani.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Kaltim Dadang Sudarya – Foto Ferry Cahyanti

“Petani tidak berdiri sendiri, tetapi punya kelompok sehingga dinilai perlu pembekalan kepada kelompopk tani,” jelas Dadang Sudarya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (5/8/2019).

Peserta yang ikut dalam pelatihan adalah dari aparat pembina atau petugas kelompok tani kabupaten dan kota se-Kaltim. Materi yang disampaikan mengenai manajemen dan administrasi kelompok, penguatan kelembagaan dan pemberdataan kelembagaan ekonomi kelompok. “Materi yang disampaikan penumbuhan kelompok tani, manajemen dan adminisitrasi kelompok serta langkah-langkah dalam mengajukan proporsal, penguatan kelembagaan kelompok,” jelasnya.

Sebelumnya, di Juli lalu, Petani dan nelayan juga diberi pelatihan mengenai alat mesin pertanian (Alsintan) dan tanaman rempah. Pelatihan diberikan pada acara Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan.

Dadang menyebut, untuk meningkatkan SDM petani, berbagai pelatihan diberikan untuk mendukung peningkatan produksi peternakan dan pertanian di daerah tersebut.

Lihat juga...