hut

Kembangkan Inovasi, Petani Perlu Melek Teknologi

KOBA  – Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, mendorong warga setempat untuk menjadi pengusaha di sektor pertanian dengan mengembangkan kreativitas, inovasi, dan melek teknologi.

“Cara berpikir dan bertindak para petani sekarang harus berubah, harus berpikir kreatif, inovatif, melek teknologi, dan tekun untuk bisa menjadi pengusaha pertanian,” katanya di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan selama ini para petani hanya dianggap kasta ekonomi menengah ke bawah dan tergolong petani yang hanya mampu bercocok tanam kemudian menjual hasil produksi mentahnya saja.

“Justru itu, ke depan kami berupaya para petani itu harus bermental bisnis, bermental pengusaha dengan terus berinovasi dan berkreasi,” ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, terus melakukan terobosan untuk meningkatkan produksi pertanian di berbagai komoditas dengan melakukan pendampingan penyuluh, pelatihan, dan praktik lapangan.

“Kami juga sudah menjalin kerja sama dengan BPPL dalam rangka menuju petani Bangka Tengah (Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, red.) yang unggul dan sejahtera,” ujarnya.

Para petani juga diberikan kesempatan mengikuti pelatihan agribisnis agar mampu menerapkan pola usaha pertanian secara modern dari hulu ke hilir.

“Para petani daerah ini harus memiliki kualitas, harus jadi pengusaha karena itu bagian dari jalan untuk menjadi petani yang kaya,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...