hut

Kreasi Tudung Saji, Percantik Meja Makan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kreasi tudung saji berhias selain sesuai untuk fungsi sebagai penutup makanan, juga menambah cantik meja makan, dan bisa dijadikan hiasan dinding rumah atau lainnya.

“Motif tergantung pesanan, tinggal dikombinasikan saja warna. Untuk kreasi menggunakan beragam bahan seperti kain satin, flanel sisa potongan kain dan lainnya,” ungkap Ninik Tri Rahayu, perajin tudung saji asal Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/8/2019).

Ninik, ibu rumah tangga tersebut menekuni kreasi pembuatan tudung saji sudah  dua tahun terakhir. Tapi, dia mengaku selama ini hanya memproduksi jika ada pesanan.

Namun demikian dia mengaku menyediakan beberapa contoh untuk displai atau untuk diikutkan pameran di tingkat daerah. Stok banyak, tentu berisiko seperti kotor, rusak. Karena kreasi tudung saji peminatnya hanya tertentu saja, tidak semua suka.

Untuk harga Ninik mengaku, menjual kreasinya dengan harga bervariasi, mulai dari Rp80 ribu sampai Rp200 ribu. Harga tergantung ukuran dan jenis tudung saji yang dipesan, ukuran paling besar harganya yang paling mahal.

“Tingkat kerumitan dan bahan bakunya lebih banyak, maka harga yang dijual lebih tinggi. Ada tudung ukuran untuk satu piring saja,” papar Ninik.

Menurutnya, untuk bahan baku seperti rangka tudung saji, sudah ada tempat khusus melalui suplaier khusus rangka, tinggal pilih ada rangka persegi atau bulat. Kemudian dikreasikan melalui bahan baku yang tersedia untuk diolah menjadikan tudung saji dengan beragam motif sesuai keinginan pelanggan.

Pembuatan tudung saji, imbuhnya, jika fokus dalam pengerjaan, sehari bisa jadi tiga, dikerjakan satu orang. Karena selain fokus tentu harus teliti mengikuti desain yang telah ditetapkan.

“Pengerjaan tudung saji ini, asli kerajinan tangan, tidak menggunakan mesin. Di situ nilai kreativitasnya, jadi tidak akan sama,”ucapnya.

Ada pun tingkat kesulitan dalam pengembangannya pada kreasi motif batik dipadu dengan sulam pita. Maka hasilnya memang lebih cantik dan lebih bagus.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!