hut

KUD Gemah Ripah Dirikan Unit Usaha Baru di Bidang Pertanian

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah, sebagai ujung tombak kegiatan Desa Cerdas Mandiri Lestari Trirenggo Bantul, membuat terobosan kegiatan dengan membentuk unit usaha baru di bidang pertanian.

Memanfaatkan potensi yang ada di desa Trirenggo baik dari sisi SDM maupun kondisi alam desa yang ada, KUD Gemah Ripah mendirikan demplot lahan pertanian jagung di musim kemarau ini.

Manajer Umum KUD Gemah Ripah, Ambyah, menyatakan pihaknya menyewa lahan milik pemerintah desa Trirenggo seluas 6500 meter persegi sejak beberapa bulan lalu. Lahan tersebut kemudian ditanami komoditas jagung.

“Kita bekerjasama dengan perusahaan produsen penangkar benih. Jagung kita pilih karena saat musim kemarau seperti sekarang ini komoditas ini yang paling cocok,” katanya, Sabtu (31/8/2019).

Berdasarkan perhitungan, lahan pertanian tersebut nantinya akan menghasilkan 1 kilogram jagung per meter persegi. Dengan niai jual jagung saat ini Rp4000 per kilogram, maka diperkirakan KUD Gemah Ripah akan mendapatkan penghasilan mencapai Rp7,5-10 juta setiap musim panen tiba.

“Jadi nanti begitu panen, jagung akan dibeli oleh perusahaan senilai Rp6500 per meter persegi dalam bentuk jagung petik. Sehingga diperkirakan koperasi akan mendapatkan pemasukan Rp7,5-10 juta per sekali musim panen,” katanya.

Menurut Ambyah, terobosan pendirian unit usaha baru di bidang pertanian ini dilakukan sebagai upaya KUD Gemah Ripah untuk mencari alternatif penghasilan bagi koperasi. Pasalnya desa Trirenggo memiliki potensi sangat besar di bidang pertanian, karena memiliki SDM unggul di bidang tersebut.

Terlebih kondisi alam desa Trirenggo juga cocok untuk dikembangkan unit-unit usaha pertanian karena memiliki lahan pertanian cukup luas serta saluran irigasi yang mengalir sepanjang tahun.

“Harapannya nanti unit usaha di bidang pertanian ini bisa dikembangkan lagi. Sehingga keuntungan koperasi akan semakin meningkat dan berdampak pada kesejahteraan bagi seluruh anggota,” pungkasnya.

Lihat juga...