hut

Kue Bengawan Khas Kulon Progo, Unik dan Mengenyangkan

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA — Dari tampilannya, kue ini memang sudah nampak unik. Berbentuk jajar genjang, berwarna hijau, serta terdapat irisan pisang di atasnya. Sepintas mirip dengan perahu kecil.

Terbuat dari bahan baku utama singkong, kue ini biasa disajikan dengan taburan parutan kelapa putih. Rasanya yang gurih dipadu manis pada isian pisang, menjadikan kue ini begitu menggugah selera.

Kue Ketela Kukus, itulah dia. Di daerah Kulon Progo, Yogyakarta, masyarakat juga kerap menyebutnya dengan Kue Bengawan. Sepintas mirip dengan Kue Bengawan Solo, namun ternyata sedikit berbeda.

Uswatun, salah seorang pembuat Kue Bengawan, di Dusun  Jombokan, Pengasih, menyebut Kue Bengawan terbuat dari bahan utama singkong. Sama dengan kue Bengawan Solo, kue ini juga diproses dengan cara dikukus.

Uswatun, salah seorang pembuat sekaligus penjual kue Bengawan, saat ditemui di pasar Jombokan, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (10/8/2019). –Foto: Jatmika H Kusmargana

Menurutnya, perbedaannya mungkin lebih pada penyajiannya saja. Jika kue Bengawan Solo biasanya dibuat berwarna-warni dan selang-seling semacam kue lapis, maka kue Bengawan di Kulon Progo dibuat berbentuk jajar genjeng dengan irisan pisang di atasnya.

Untuk membuatnya tidaklah sulit. Bahan yang perlu disiapkan antara lain singkong, parutan kelapa, gula, garam serta pisang. Pertama, parut kelapa hingga hancur, lalu tambahkan air dan peras dalam baskom.

“Pisahkan air dan endapan (pati) singkong. Ambil pati, lalu campurkan dengan parutan singkong. Setelah itu kukus hingga matang,” katanya.

Setelah diberi pewarna serta bumbu berupa gula dan sedikit garam, kukusan singkong kemudian dibentuk menjadi jajar genjang. Untuk menambah varian rasa, biasanya akan ditambahkan irisan pisang di atasnya.

“Terakhir tinggal ditaburi dengan parutan kelapa. Kue Bengawan siap disajikan,” katanya.

Rasa tawar singkong yang empuk dipadu manisnya irisan pisang serta gurih parutan kelapa, menjadi ciri khas kue tradisional Bengawan ini. Selain biasa disajikan sebagai camilan, kue ini juga cocok dimakan di pagi atau sore hari, karena cukup mengenyangkan.

Lihat juga...