hut

Kue Ketan Hijau, Gurih Mungil dengan Manis yang Menggoda

Editor: Mahadeva

Kue Ketan Hijau atau juga kerap disebut kue Bodrek yang rasanya gurih dan manis menggoda, Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Berbentuk bulat sedikit lonjong, dengan warna khas hijau menyala. Dilengkapi enten-enten berwarna cokelat di bagian atas, ttulah kue Ketan Hijau. 

Kue tradisional yang termasuk dalam Jajan Pasar tersebut, banyak memiliki nama lain. Di Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta, orang menyebutnya dengan Kue Bodrek. Meski sudah semakin jarang dibuat, kue tersebut masih bisa ditemui di sejumlah pasar-pasar tradisional di Yogyakarta.

Seperti namanya, kue Ketan Hijau atau kue Bodrek dibuat dengan bahan utama beras ketan. Sedangkan enten-enten yang berada di atasnya terbuat dari adonan parutan kelapa. Kue sederhana yang biasa disajikan sebagai camilan tersebut, memiliki perpaduan rasa gurih dan manis. Rasa gurih berasal dari ketan yang dikukus, sementara rasa manis berasal dari parutan kelapa dicampur gula merah.

Uswatun salah seorang penjual kue ketan hijau di pasar Jombokan Pengasih Kulonprogo, saat ditemui Cendana News, Sabtu (17/8/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah seorang penjual Kue Ketan Hijau, Uswatun, mengatakan, untuk membuat kue Ketan Hijau atau kue Bodrek tidak sulit. Bahan yang harus disiapkan antara lain adalah beras ketan, daun pandan, serta bumbu berupa garam.

“Pertama cuci beras ketan hingga bersih. Setelah itu rendam beras ketan dengan air, masukkan daun pandan dan sedikit garam. Kukus hingga matang. Jika ingin warna mencolok, tambahkan sedikit pewarna makanan,” katanya.

Sementara untuk membuat enten-enten, bahan utama yang diperlukan adalah kelapa serta gula jawa merah. Pertama cuci kelapa muda, lalu parut hingga hancur. Setelah itu rebus gula jawa merah yang telah disisir dengan sedikit air. Lalu masukkan parutan kelapa dalam rebusan tersebut.  “Agar lebih beraroma, bisa ditambahkan daun pandan dan jahe yang telah digeprek. Aduk merata hingga tercampur seluruhnya,” jelasnya.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyatukan kedua bahan tadi. Setelah dingin, ambil kukusan beras ketan lalu bentuk menjadi bulat. Pilihkan salah satu sisi, lalu taruh enten-enten di atasnya. Kue beras ketan pun siap disajikan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!