hut

Lahan Kosong di Pesisir Selatan Diharapkan Diubah Menjadi Produktif

PESISIR SELATAN – Pemerintah Babupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengajak masyarakat petani setempat, memaksimalkan keberadaan lahan kosong.

Diharapkan lahan kosong tersebut bisa dirubah menjadi lahan produktif. Di Pesisir Selatan, cukup banyak lahan kosong yang tersebar hampir merata diseluruh kecamatan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan, penyuluh pertanian dan Unit Kerja Lapangan Dinas Pertanian ada di setiap kecamatan, dilibatkan lebih dintensifkan menyosialisasikan upaya pemanfaatan lahan kosong tersebut.

Melalui, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan setempat, Hendrajoni menyampaikan, pentingnya pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan pertanian. Hal itu diharapkan bisa menambah ekonomi petani. “Kita sangat serius dalam menjadikan Pesisir Selatan sebagai lumbung padi di Sumatera Barat. Apalagi saat ini Pemkab Pesisir Selatan juga sedang mengembangkan potensi pertanian,” tandasnya, Senin (12/08/2019).

Potensi sumber daya alam khususnya di bidang pertanian di Pesisir Selatan cukup melimpah. Dengan pemanfaatan lahan kosong, dapat menggali potensi yang ada untuk dikelola dan meningkatan derajat ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nurziwan, mengatakan, persoalan lahan tidur di berbagai daerah menyimpan sejumlah persoalan. Diantaranya, tidak adanya sumber air, atau tidak adanya minat masyarakat untuk mengelolah lahan tersebut. Hal itu menjadikan lahan menjadi tidak produktif.

Saat ini, sudah ada beberapa pihak yang memberanikan diri memanfaatkan lahan kosong atau lahan tidur. Beberapa ada yang mulai menanam jeruk. “Berkebun jeruk, seperti halnya adalah upaya yang tepat dilakukan, karena tidak terlalu begitu banyak membutuhkan air. Nah, kondisi tersebut dapat ditemukan di beberapa daerah di Pesisir Selatan,” ungkapnya.

Tanaman Jeruk  memiliki potensi yang sangat besar di Pesisir Selatan. Daerah yang banyak mengembangkan jeruk, diantaranya Kecamatan Lunang, Kecamatan Pancung Soal, Kecamatan Bayang, Kecamatan Tarusan.

Bahkan, beberapa kecamatan lain seperti Kecamatan Linggo Sari Baganti, Lengayang, juga mulai melirik komoditi tersebut untuk dikembangkan. “Sebenarnya banyak jenis tanaman yang bisa ditebar di lahan yang kosong. Tapi terpulang kepada pemilik tanahnya, mau dipandang saja tanahnya, atau mau menghasilkan uang,” tandasnya.

Lihat juga...