hut

Lantai Rumah Disemen, Mbah Mursinah Bisa Santai di Ruang Keluarga

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Mimik Mbah Mursinah (70) nampak lega bisa bersantai di rumah sederhana miliknya yang terletak di Dusun Kemusuk Kidul, RT 05, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Saat ditemui ia nampak sedang asyik menonton televisi di ruang tamu sekaligus ruang keluarga.

Meski berukuran kecil, ruangan itu kini nampak sudah jauh lebih bersih, rapi dan tertata. Lantai ruangan itu terlihat sudah disemen seluruhnya. Sehingga ia pun bisa menggelar tikar untuk sekedar duduk-duduk atau pun istirahat di atasnya.

Perubahan kondisi rumah Mbah Mursinah itu tak lepas karena adanya bantuan program lantainisasi yang dilakukan Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari di Desa Argomulyo sejak beberapa tahun terakhir.

Melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Yayasan Damandiri merenovasi ratusan lantai rumah warga kurang mampu di desa tersebut menjadi lebih layak. Bantuan dikhususkan bagi warga miskin yang lantai rumahnya masih berupa tanah.

“Rumah ini berukuran sekitar 5 x 8 meter. Ada 3 kamar di dalamnya. Beberapa waktu lalu, rumah ini masih berlantai tanah. Hanya bagian depan saja yang disemen, itu pun banyak yang sudah rusak karena semen retak-retak dan mengelupas,” katanya, Senin (19/8/2019).

Mbah Mursinah mengaku sudah lama berniat memperbaiki kondisi rumahnya. Namun apa daya, ia tidak memiliki cukup tabungan untuk membeli material dan membayar tukang. Begitu juga dengan anaknya yang hanya bekerja sebagai buruh bangunan.

“Untung di desa ini ada program lantainisasi. Sehingga kita bisa mendapatkan bantuan pasir, semen, dan uang untuk biaya tukang. Kalau tidak tentu kita akan kesulitan memperbaiki rumah ini,” ujarnya yang tinggal bersama seorang anak, menantu dan satu cucu itu.

Mbah Mursinah pun mengaku bersyukur dan sangat gembira dengan adanya bantuan tersebut. Ia berharap agar bantuan semacam itu bisa tetap berjalan untuk membantu warga miskin di desanya.

“Walaupun sekarang sudah lebih baik, tapi sebenarnya rumah ini masih butuh renovasi lagi. Seperti di bagian dapur dan ruang belakang,” katanya.

Lihat juga...