hut

Lomba Mewarnai di TMII, Tumbuhkan Cinta Reptil

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Taman Reptile Indonesia dan Museum Komodo Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengajak anak-anak untuk lebih mencintai reptil melalui lomba mewarnai dan menggambar dalam rangka merayakan HUT ke 74 RI.

Syafa, salah satu peserta terlihat antusias mewarnai seekor Komodo dan Buaya. Tangan lentiknya  memegang krayon memulas hamparan kertas bergambar dua binatang tersebut.

Keindahan alam pegunungan dan tebaran awan di langit terhampar pula dalam kertas tersebut. Komodo dan Buaya berada dalam area keindahan alam nan sejuk itu.

Dengan cerdiknya, Syafa memulas gambar tersebut dengan warna-warna cerah. “Komodo ini, saya warnai abu-abu paduan merah bata. Buayanya warna hijau, pasti bagus deh” kata Syafa kepada Cendana News, ditemui di area lomba di Taman Reptile Indonesia dan Museum Komodo TMII, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Siswa kelas 3 SDN di wilayah Jakarta Timur ini mengaku senang bisa ikut lomba mewarnai di TMII. “Senang ya, abis lomba mewarnai, saya nanti mau lihat binatang yang ada di museum komodo ini. Saya juga mau foto sama ular Sanca dan mancing Buaya,” kata Syafa.

Kepala Taman Reptile Indonesia dan Museum Komodo TMII, Fitriana, mengatakan, lomba tersebut sengaja diadakan dalam rangka merayakan HUT ke 74 RI.

Kepala Taman Reptile Indonesia dan Museum Komodo TMII, Fitriana, saat ditemui Cendana News, Sabtu (31/8/2019) – Foto: Sri Sugiarti.

Melalui lomba ini, pihaknya mengajak para siswa tingkat TK dan SD untuk mencintai museum sebagai peradaban bangsa.

Museum menurutnya, selain menyimpan benda-benda mati juga menyajikan ragam reptil khas Indonesia. Salah satunya terdapat di Taman Reptile Indonesia dan Museum Komodo TMII.

Fitriana berharap lomba ini dapat memotivasi anak-anak untuk senang dengan reptil. Ini sesuai dengan tema lomba yaitu ‘Yuk Belajar dan Bersahabat dengan Reptile’.

“Jadi anak-anak nggak usah takut dengan reptil, dan utamanya mereka tahu kalau di TMII ada Taman Reptile dan Museum Komodo yang isinya ragam binatang yang hidup, tidak hanya yang mati,” ujarnya.

Lokasi lomba sengaja digelar di dalam museum, menurutnya, bertujuan agar para siswa tertarik, dan akhirnya kalau jalan-jalan ke TMII berkunjung ke museum ini.

Dalam lomba ini peserta sangat antusias mewarnai ragam reptil yang ada di museum ini, seperti buaya dan komodo.

“Lomba ini bertujuan agar anak-anak lebih mencintai dan belajar ke museum, nggak takut reptil. Karena museum adalah pusat pendidikan dan rekreasi bagi anak-anak,” tandasnya.

Sebanyak 200 peserta tingkat TK dan SD mengikuti lomba ini. Menurutnya, lomba ini dibagi dalam tiga kategori. Yakni, pertama lomba mewarnai tingkat TK, kategori kedua peserta kelas 1-3 SD, dan ketiga adalah siswa kelas 4-6.

Khusus kelas 4-6, lomba menggambar dan mewarnai. “Alhamdulillah anak-anak sangat antusias, target kami adalah 150 peserta, tapi membludak 200 peserta lebih,” ujar Fitriana.

Bagi para pemenang disediakan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan, uang pembinaan dan bingkisan. Juara I Rp 500 ribu, juara II Rp 300 ribu, juara III Rp 200 ribu.

Lihat juga...