hut

MA-BSSN Tandatangani ‘MoU’ Sertifikat Elektronik

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Dalam rangka mendukung peradilan modern berbasis teknologi informasi atau sistem peradilan e-litigation, Mahkamah Agung dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menandatangani Nota Kesepahaman mengenai pemanfatan sertifikat elektronik pada sistem peradilan elektronik.

“MoU ini bertujuan untuk mendukung e-litigation yang diluncurkan oleh Ketua Mahkamah Agung, serta menghindarkan hal-hal yang bisa mencederai wibawa pengadilan antara aparatur pengadilan dengan para pihak yang memiliki permasalahan di pengadilan,” kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Abdullah di Gedung MA, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dalam pelaksaan e-Litigation tersebut, membutuhkan verifikasi keaslian dokumen secara elektronik, sehingga butuh penanganan keamanan informasi dan tanda tangan digital pendukung e-Litigasi Mahkamah Agung.

Abdullah menyebutkan, perjanjian kerja sama antara Mahkamah Agung dengan Badan Siber dan Sandi Negara terkait tanda tangan elektronik, agar bisa mengakomodir kebutuhan aplikasi e-Litigasi Mahkamah Agung yang diluncurkan pada Senin, 19 Agustus 2019 di Gedung Mahkamah Agung.

“Aplikasi e-Litigation ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan peradilan dalam menerapkan sistem persidangan secara elektronik. Selain itu, juknis e-litigation menjadi tantangan besar bagi aparatur peradilan. Sebab, dalam juknis diatur misalkan, bagaimana tukar-menukar dokumen mulai gugatan, jawab menjawab bahkan putusan,” jelasnya.

Sebagai langkah awal, lanjut Abdullah, Mahkamah Agung telah menunjuk beberapa pengadilan dari empat lingkungan sebagai pilot project dalam melaksanakan peneraparan e-litigation ini.

MoU antara Mahkamah Agung dan BSSN ini ditandatangani oleh Abdullah, Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung dan Rinaldy, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSSN.

Hadir dalam acara ini Kepala Bagian Pengembangan Sistem Informatika dan Kepala Bagian Pemeliharaan sarana informatika Mahkamah Agung, para pejabat BSSN dan undangan lainnya. Selesai penandatanganan, acara diakhiri dengan foto bersama.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!