hut

Mahasiswa UMP Buat Es Krim Ubi untuk Capai MURI

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Sebanyak 15 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) selama satu minggu terakhir membuat es krim dari ubi jalar secara maraton.

Saat ini sudah menyelesaikan pembuatan 3.000 lebih cup es krim yang disiapkan untuk acara makan es krim bersama dan masuk dalam catatan Musium Rekor Indonesia (MURI).

Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, mengatakan, dalam rangka perayaan HUT RI, UMP akan menggelar kegiatan makan es krim ubi jalar bersama.

Rektor UMP, Dr. Anjar Nugroho (tengah), Selasa (13/8/2019), menjelaskan tentang persiapan kegiatan makan es krim bersama yang akan masuk MURI. Foto: Hermiana E. Effendi

Ada 3.000 peserta yang akan ikut memeriahkan kegiatan tersebut, mulai dari mahasiswa UMP, pelajar, masyarakat sekitar, serta perwakilan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah se-Indonesia yang kebetulan sedang mengikuti kegiatan Pekan Seni Mahasiswa (PSM) di UMP.

“Untuk kegiatan makan es krim ubi jalar bersama yang masuk rekor MURI dilaksanakan besok, Rabu (14/8/2019) di lapangan UMP. Saat ini sudah disiapkan 3.000 lebih es krim oleh mahasiswa Fakultas Pertanian di bawah pantauan dosen,” terang Rektor UMP, Selasa (13/8/2019).

Dipilihnya kegiatan makan es krim ubi jalar ini, dengan tujuan untuk mengangkat ubi jalar sebagai bahan makanan yang selama ini seringkali diabaikan dan dipandang sebelah mata. Selain itu juga sebagai ajang promosi hasil produksi Fakultas Pertanian UMP.

Wakil Rektor UMP, Ir. Aman Suyadi, menjelaskan, es krim ubi jalar merupakan hasil inovasi Fakultas Pertanian UMP. Es krim ini kandungan lemaknya rendah dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Berbeda dengan es krim pada umumnya yang sangat tinggi kadar gula dan lemaknya.

“Jadi ini es krim sehat kaya akan antioksidan dan aman dikonsumsi oleh siapa pun. Hasil inovasi ini juga sekaligus mengangkat ubi jalar sebagai bahan makanan yang selama ini terpinggirkan,” jelasnya.

Sementara itu, staf Fakultas Pertanian UMP, Isti Tulaeni, mengatakan, ada 15 mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan es krim ubi jalar untuk masuk rekor MURI.

Mereka dibagi dalam dua sift, yaitu sift pagi hingga pukul 12.00 WIB dan sift siang mulai selepas Duhur sampai pukul 15.00 WIB. Pembuatan es krim dilakukan di gedung Fakultas Pertanian lantai 5.

“Sekarang sudah selesai pembuatan es krim. Es krim dalam cup sudah tersedia 3.000 lebih untuk persediaan masyarakat sekitar kampus yang berdatangan,” katanya.

Ada tiga varian rasa es krim yang disediakan, yaitu rasa coklat, vanila dan original. Meskipun dibuat cukup banyak, kualitas es krim ubi jalar tetap terjaga, karena setiap hari ada dosen khusus yang mendampingi dan memantau proses pembuatan es krim.

Lihat juga...