Melanda 7 Kecamatan, Kekeringan di Bekasi Meluas

Editor: Mahadeva

BEKASI – Kekeringan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meluas. Tercatat saat ini sudah tujuh kecamatan terlanda kemarau sejak lima bulan terakhir.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi menyebut, kekeringan sudah melanda 17 desa di tujuh kecamatan. “Wilayah kekeringan meluas ke beberapa kecamatan ada tujuh kecamatan, dengan 17 desa. Tapi tidak separah seperti pada tiga desa di Kecamatan Cibarusah,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya, kepada Cendana News, Kamis (29/8/2019).

Dari pengamatan dan laporan yang disampaikan, titik kekeringan di daerah lain tidak merata seperti yang terjadi di Kecamatan Cibarusah. Tiga desa mengalami kekeringan cukup parah di wilayah tersebut adalah, Desa Sirnajati, Ridogalih dan Ridomanah.

Perluasan kekeringan di wilayah Kabupaten Bekasi, tersebut terjadi seperti di Kecamatan, Serangbaru, Cikarangselatan, Bojongmangu, Cikarangutara, Cikarangtimur, Muaragembong, dan Cibarusah.

Hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) beberapa waktu lalu disampaikan, fenomena kekeringan yang melanda Kabupaten Bekasi akan berlangsung hingga November dan Desember 2019.

Namun demikian, sudah banyak pihak yang siap membantu pendistribusian air bersih untuk warga. Selain dari APBD, pihak yang sudah menyalurkan bantuan diantaranya, Aksi Cepat Indonesia (ACT), Baznas, FPI dan lembaga lainnya. “Baznas sudah memberi bantuan seperti pembuatan sumur bor di wilayah Cibarusah. ACT membantu pendistribusian air bersih 15 tanki dan makanan 1000 paket serta bantuan kesehatan,” ungkapnya.

BPBD Bekasi terus melakukan pendistribusian air bersih ke titik kekeringan. Bantuan terus diberikan, minimal dua hari sekali, bahkan terkadang setiap hari dengan metode berpindah-pindah tempat. Kekeringan di Kabupaten Bekasi hampir menyeluruh, namun demikian BPBD hanya mendata sesuai laporan yang masuk dari pihak kecamatan.

Sementara Gatot G SUmarna, Supervisor Pusdalops BPBD Bekasi, selain tiga desa di Cibarusah, kekeringan terparah juga terjadi di wilayah Kecamatan Bojongmangu. Di daerah tersebut kemarau parah terjadi di Desa Karangindah, Karangmulya, Bojongmangu.

“Sedangkan di Kecamatan Cikarangpusat juga terjadi kekeringan seperti di Desa Pasirtanjung, dan Cicaruwi. Begitupun di Kecamatan Muaragembong, Desa Muarajaya dan Pantaimekar juga mengalami kekeringan,” ungkapnya, usai pendistribusian bantuan air bersih di wilayah Bojongmangu.

Lihat juga...