hut

Mencicipi Nasi Bakar Aloen Khas Banten di Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Nasi Bakar khas Banten, mudah dijumpai di Kota Bekasi, dengan beragam sajian dalam balutan daun pisang yang dikukus terlebih dahulu, lantas dibakar. Nasi Bakar Aloen Aloen, begitu dinamakan.

“Nasi bakar khas Banten dulu ada di Alun alun, maka dinamakan Nasi Bakar Aloen Aloen. Tapi, di Bekasi dijual gerobakan setiap siang sampai malam,” ujar Martin, penjual Nasi Bakar Aloen-Aloen di pusat kuliner Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, (10/8/2019).

Diolah dengan dicampur beragam rempah dapur, seperti daun sereh, daun salam dan daun bawang dipadu kunyit, bawang merah dan putih, lengkuas, bawang bombay, kemangi, garam, kemudian dicampur penyedap rasa, ditambah gula putih secukupnya.

Martin, penjual nasi bakar di jalan Rawalumbu Kota Bekasi, menunjukkan isi nasi bakar khas Banten, Sabtu (10/8/2019). –Foto: M Amin

Semua bumbu dapur tersebut sebelumya ditumbuk dan dimasak lebih dulu untuk kemudian diaduk dengan nasi yang telah lebih dulu dikukus terpisah. Setelah semua bumbu campuran selesai diproses, masukkan nasi lalu diaduk rata hingga selesai.

“Setelah selesai, maka nasi dibungkus dengan daun pisang untuk dilakukan pembakaran yang telah dicampur beragam lauknya. Tapi, yang penting adalah kemangi untuk menambah aroma nasi bakar,” papar Martin.

Nasi bakar Aloen Aloen, memiliki lima varian isi seperti nasi bakar ayam, teri, cumi, udang, dan ampla. Menurut Martin, untuk harga dijual sama rata Rp16.000 untuk satu nasi bakar.

Nasi Bakar Aloen, di Kota Bekasi memiliki lima cabang yang dijual dengan gerobak khusus. Satu paket nasi bakar cukup mengeyangkan untuk satu orang.

“Penikmat nasi bakar, biasa mampir beli dan untuk makan di rumah. Mereka rata-rata pekerja yang ingin makan simpel, tetapi mengeyangkan dan bergizi,” ucap Martin.

Untuk memudahkan pilihan, setiap bungkus daun pisang nasi bakar sudah dibeda-bedakan sebagai penanda isi di dalamnya. Bedanya ada pada potongan daun, jadi penggemar nasi bakar tinggal pesan nasi bakar isi apa yang diinginkan.

“Selain nasi bakar, kami juga ada menyediakan menu seperti pepes tahu ditambah ikan teri. Itu untuk memenuhi kebutuhan, karena banyak yang tanya,”pungkasnya.

Lihat juga...