hut

PAD 2020 Ambon Diproyeksikan Rp178,9 Miliar

Ilustrasi - Dokumentasi CDN

AMBON – Pendapatan Asli Daerah Kota Ambon di 2020 mendatang diproyeksikan mencapai Rp178,9 miliar. Jumlah tersebut setara dengan sekira 14,56 persen dari pendatan daerah.

Dalam dokumen Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2020 yang diserahkan ke DPRD Kota Ambon, Pendapatan Asli Daerah (PAD) tersebut terdiri dari pajak daerah sebesar Rp113,1 miliar, retribusi daerah sebesar Rp40,1 miliar.

“Kemudian dari hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp2,5 miliar, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar RP23,1 miliar,” ungkap Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler, dalam acara penyerahan KUA PPAS APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020 ke DPRD Kota Ambon.

Sementara itu dalam perencanan perubahan anggaran 2019, PAD ditargetkan sebesar Rp1,2 triliun, atau bertambah sebesar Rp23,4 miliar. Terdiri dari PAD sebesar Rp182,9 miliar, penerimaan dana perimbangan sebesar Rp898,2 miliar, lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp200,4 miliar.

Syarif Hadler, menyebut, KUA dan PPAS akan dibahas dan disepakati bersama legislatif. Kesepakatan tersebut, selanjutnya menjadi pedoman bagi perangkat daerah untuk menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA SKPD).

Pembangunan Kota Ambon di 2020, disebutnya, dilakukan dalam kerangka mewujudkan visi dan misi Kota Ambon sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017- 2022, menuju Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius.

Pembangunan diarahkan untuk mewujudkan Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius, melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Ambon sebagai kota wisata dan kreatif. “Kebijakan tersebut memberikan prioritas kepada pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) pelayanan dasar masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat termasuk pengentasan kemiskinan,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!