hut

Pastikan Sehat, Lansia di Tangerang Diperiksa Secara Rutin

TANGERANG  – Dinas Sosial Kota Tangerang, Banten secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para lanjut usia (Lansia) penghuni Rumah Perlindungan Sosial (RPS) dalam rangka memastikan kesehatan mereka.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinsos, dr. Ferryansyah di Tangerang, Rabu, mengatakan, selain memberikan makanan yang sehat dan bergizi, penghuni RPS secara rutin mengikuti pemeriksaan kesehatan. Upaya itu dalam rangka memastikan para penghuni dalam keadaan sehat dan prima.

Pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan setiap hari dan mingguan. Adapun pemeriksaan yang diberikan antara lain, mengukur indeks masa tubuh, pemeriksaan berat badan, gula darah, tekanan darah, denyut nadi dan tanda vital lainnya.

“Pemeriksaan ini bertujuan mengetahui kualitas fisik penghuni RPS. Jika memang ada yang perlu ditangani secara khusus oleh dokter maka akan dirujuk,” ujarnya.

Selain pemeriksaan kesehatan, penghuni RPS yang berada di samping Kantor Dinas Sosial Jalan Iskandar Muda Kecamatan Neglasari ini, juga mengikuti kegiatan positif lainnya seperti olahraga bersama, berkebun, beribadah bersama, bermain angklung dan lainnya.

Tujuannya adalah para lansia memiliki kegiatan yang produktif di masa tua dan tetap terjaga fisik kesehatannya melalui kegiatan yang ada.

Diketahui, kehadiran RPS yang diresmikan awal tahun 2018, berfungsi sebagai tempat perlindungan bagi para manula maupun orang terlantar yang tidak memiliki keluarga atau orang yang memang kurang diurus oleh keluarganya.

Pemkot Tangerang berupaya semaksimal mungkin dalam mengatasi Lansia yang terlantar sehingga tak menjadi masalah sosial. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!