hut

Pawai Merah Putih di Perairan Perbatasan Indonesia-Malaysia

Pawai bendera merah putih dalam rangkaian memeriahkan HUT RI ke-74 oleh pemilik kapal kayu mengitari perbatasan perairan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Minggu (25/8/2019) - Foto Ant

NUNUKAN – Meskipun perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 telah berlalu, tidak menyurutkan semangat masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya yang berada di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara untuk menggelar pawai bendera merah putih.

Seperti yang dilakukan Persatuan Pengusaha Kapal Pedalaman Angkutan Sungai, bekerja sama dengan Satgas Pamtas Yonif Raider 600/MDG, KSOP, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada Minggu (25/8/2019).

Pawai bendera merah putih menggunakan kapal-kapal kayu, dilakukan dengan mengitari perbatasan perairan Indonesia-Malaysia. Mulai dari Pelabuhan Tunon Taka, Kelurahan Nunukan Timur hingga Sei Bolong Kelurahan Nunukan Utara.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 600 MDG, Mayor Inf Ronald Wahyudi, menyatakan, kegiatan itu menjadi bentuk pembuktian rasa cinta kepada Negara Indonesia oleh masyarakat setempat.

Awalnya pawai ini digagas oleh Persatuan pengusaha kapal pedalaman, yang berkoordinasi dengan Satgas Pamtas. Bak gayung bersambut, setelah melakukan rapat ditentukanlah konsep acara dan pelibatan instansi terkait lain, untuk memeriahkan kegiatan.

Sebanyak 30 kapal dan ratusan masyarakat, ikut memeriahkan kegiatan parade bendera yang mengambil rute dari Pelabuhan Tunon Taka, menyusuri perbatasan laut dan sungai sampai ke pelabuhan tradisional Sei Bolong.

Diharapkan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, dalam bekerja dan lebih mengenalkan perairan Indonesia di perbatasan oleh masyarakat luas demi terwujudnya slogan dan moto HUT RI ke 74 ini yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Kegiatan pawai ini berlangsung mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 12.00 wita. “Lokasi yang jauh dari ibukota dan pusat pemerintahan, bukan halangan bagi mereka untuk membuktikan bahwa mereka juga bangga menjadi warga negara Indonesia, HUT RI merupakan euforia bersama dan peringatan bagi seluruh penduduk di Indonesia di manapun berada,” pungkas Ronald. (Ant)

Lihat juga...