hut

Pembuatan KTP-El Pemula di Rejang Lebong Meningkat

REJANG LEBONG – Pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) khusus kalangan penduduk pemula di daerah itu terus meningkat.

“Saat ini yang melakukan perekaman data untuk pembuatan KTP elektronik dari kalangan penduduk pemula yang akan kuliah atau mencari pekerjaan, setiap hari terus meningkat. Bahkan, per hari bisa mencapai 100-an orang,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap, di Rejang Lebong, Sabtu (3/8/2019).

Dijelaskan dia, pihaknya saat ini hanya melayani proses pembuatan KTP khusus penduduk yang belum sama sekali memiliki KTP, hal ini sesuai dengan instruksi dari Kemendagri, karena jumlah stok blankonya sangat terbatas.

Sedangkan untuk masyarakat yang akan melakukan perbaikan data atau penggantian KTP, untuk sementara waktu diberikan surat keterangan (suket).

Sementara itu, untuk stok blanko KTP elektronik yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rejang Lebong, saat ini sudah menipis dan tinggal 250 keping.

“Stok ini merupakan pengiriman dari Disdukcapil Provinsi Bengkulu sebanayk 500 keping pada 25 Juli, dan sampai dengan 2 Juli kemarin sudah tinggal 250 keping,” tambah dia.

Stok blanko yang mereka miliki itu diperkirakan hanya bisa mencukupi untuk seminggu ke depan, mengingat daftar tunggu khusus dari warga pemula KTP saat ini sudah ada 78 orang.

Terbatasnya stok blanko KTP-el ini, kata dia, terjadi di semua daerah di Tanah Air bukan hanya di wilayah Bengkulu saja. Untuk itu, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengusulkan permintaan penambahan blanko ke Disdukcapil Provinsi Bengkulu, serta pemerintah pusat. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!