hut

Pemkab Bondowoso Kampanye Pengurangan Penggunaan Plastik

Editor: Koko Triarko

BONDOWOSO – Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Bondowoso, tengah gencar melakukan kampanye dan mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik.

Hal tersebut dilakukan dengan membagikan beberapa botol air mineral isi ulang. Tujuannya, agar masyarakat tidak mudah membeli minuman dengan kemasan plastik sekali pakai.

“Karena masalah plastik ini tidak hanya terjadi di Bondowoso saja, tetapi juga masalah global.  Karena itu, kita juga ikut mengkampanyekan ‘diet plastik’ dalam semangat Go Green,” ujar Wakil Bupati, Irwan Bachtiar Rahmat, kepada awak media di sela-sela acara, Rabu (14/8/2019).

Guna memperkuat kampanye pengurangan konsumsi plastik, Pemkab Bondowoso kini sedang mengkaji regulasi yang diharapkan bisa menjadi disinsentif penggunaan konsumsi plastik di masyarakat.

“Seperti yang sudah diterapkan di beberapa kota besar lain, jadi mungkin akan ada tarif atau pajak khusus untuk plastik yang diberikan di toko-toko atau mini market. Harapannya, agar penggunaan plastik bisa lebih ditekan. Masih kita kaji, apakah dalam bentuk perda atau bagaimana,” papar Irwan.

Irwan juga menyindir dan menyayangkan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Seperti Anda lihat dalam acara ini, sampah berserakan. Karena masih banyak yang membuang sampah sembarangan, belum ada kesadaran untuk hidup bersih,” pungkas Irwan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!