hut

Pemprov DKI Bangun 53 Taman Kota

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, akan membangun 53 Taman Maju Bersama di Ibu Kota. Taman tersebut nantinya tersebar di empat wilayah kota administratif. Di antaranya, di Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Kepala Seksi Perencanaan Pertamanan Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Hendrianto, menyatakan taman-taman tersebut rencananya diresmikan akhir 2019. “Ada 53 taman, seharusnya akhir tahun ini selesai,” kata Hendrianto, saat dihubungi wartawan, Kamis (15/8/2019).

Sampai bulan ini, sudah ada 15 taman dengan progres di atas 80 persen. “Jadi, seharusnya Agustus ini sudah selesai. Saya lihat yang sudah 80 persen ada sekitar 15 taman. Saya enggak tahu, mana saja,” tuturnya.

Dia menyatakan, luas setiap taman yang dibangun sangat variatif, mulai dari 900 meter persegi hingga 3,4 hektare. Secara keseluruhan luas taman tersebut mencapai 27 hektare.

Hendri menyatakan, pembangunan taman itu paling banyak di wilayah Jakarta Timur, yakni 19 dan 15 untuk Jakarta Selatan. Pembangunannya secara keseluruhan menggunakan APBD, kurang lebih sebesar Rp130 miliar.

Konsep Taman Maju Bersama adalah membangun ruang terbuka hijau (RTH) dengan mengutamakan ruang interaksi antarwarga. Pemprov pun disebut melakukan komunikasi dengan warga untuk membangun konsep tiap taman.

“Ada partisipasi masyarakat, gitu. Jadi kalau buat interaksi biasanya kita sediakan kalau butuh misalnya potensinya ada sanggar tari atau silat atau apa, jadi kita sediakan amfiteater,” ujarnya.

Selain itu, di beberapa taman akan dibangun resapan air sehingga air tidak langsung keluar ke saluran air kota.

Lihat juga...